SOLOPOS.COM - Interior jendela (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA--Peluang usaha di sektor properti, khususnya jasa desain interior melalui platform digital kian terbuka. Jasa desain properti ini menawarkan harga relatif lebih terjangkau.

Kehadiran jasa desain properti melalui platform digital ini tidak menjadi ancaman bagi perusahaan konsultan interior yang sudah memiliki nama dan studio.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Justru kehadirannya membuat industri desain interior kian berkembang. Hal itu karena semakin banyak masyarakat yang lebih memperhatikan desain sebuah rumah dan bangunan berdasarkan fungsi dan keindahan.

Ekspedisi Mudik 2024

Apalagi keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda. Tawaran desain interior pada platform digital biasanya lebih banyak dimanfaatkan untuk mendesain rumah berukuran minimalis karena harga yang lebih terjangkau.

Karakter dan Branding

Sementara untuk bangunan dengan luas lahan lebih besar dan desain yang lebih kompleks, klien akan menggunakan jasa desain interior berpengalaman yang telah memiliki nama atau studio.

“Untuk rumah atau bangunan dengan luas lahan 1.000 meter persegi atau yang budgetnya miliaran pasti akan lebih memilih desain interior yang lebih expert. Ini juga menjadi tantangan bagi para desainer untuk membuat desain dengan kualitas terbaik. Selain itu mengutamakan servis yang outstanding. Tidak bisa hanya yang biasa-biasa saja,” tutur Rama Budhisurya, Direktur Desain Interior HighStreet Studio, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Rama mengakui ada beberapa klien yang membandingkan harga. Tetapi pihaknya dapat memastikan Highstreet Studio sebagai perusahaan desain interior berpengalaman yang memiliki tim profesional dan portofolio yang lebih lengkap.

“Dalam mendesain, kami betul-betul memperhatikan keinginan klien. Sehingga desain yang kami hasilkan akan selalu berbeda antara satu properti dengan properti lainnya. Kami akan mengangkat karakter dan branding yang ingin dihadirkan klien dalam tampilan desain interior,” jelasnya.

Ciri Khas

Kemampuan para arsitek dan desain interior High Street dalam mewujudkan karakter dan branding yang diinginkan klien, membuat mereka semakin dikenal di kalangan pemilik usaha food and beverage.

Apalagi di awal kemunculannya, HighStreet memang lebih banyak mengerjakan proyek-proyek di bidang komersial. Menurut Rama, dalam mendesain interior sebuah restoran, HighStreet berusaha mengangkat DNA dan konsep utama yang ingin dibangun oleh restoran dengan tetap menghadirkan ciri khas dari desain HighStreet.

Desain interior yang indah dan nyaman sangat diperlukan untuk sebuah restauran. Menurut dia, dengan dengan suasana yang nyaman, akan membuat aktivitas bersantap semakin berkesan sehingga akan lebih memuaskan pelanggan.

Adapun untuk biaya jasa arsitek dan desain interior, menurutnya, sangat bervariatif bergantung pada jenis dan ukuran bangunan. Harga kompetitif berkisar antara 5% hingga 8% dari biaya konstruksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya