SOLOPOS.COM - Ilustrasi (illustratiction.fr)

Jaringan Internet bakal semakin variatif dengan kehadiran domain .id yang akan segera diluncurkan.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah bersama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), berencana membagi-bagikan sejuta domain .id secara gratis mulai 2016 mendatang. Program dengan rencana alokasi anggaran Rp 50 miliar ini akan digelar selama tiga tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua PANDI, Andi, mengatakan sasaran pengguna bagi satu juta domain ini adalah e-commerce, koperasi, UKM, sekolah termasuk pesantren, dan personal. Kalau Anda merupakan kelompok atau perorangan yang dimaksud, begini caranya.

“Misal, PT ABC mau meng-online-kan seluruh UKM di Banten. Maka saya akan ajukan ke pemerintah. Proposal UKM itu nanti akan punya domain sendiri,

harus ada koordinatornya,” ujarnya dikutip Solopos.com dari Detik di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Nantinya, kelompok atau perorangan itu bisa mengajukan proposal untuk meminta nama domain tersebut kepada komite yang dibentuk oleh Kominfo dan PANDI. Siapa pun asal berkewarganegaraan Indonesia boleh mengajukannya.

“Kita enggak bersentuhan dengan end usernya, lewat koordinatornya saja. Nanti selama tiga tahun juga akan dievaluasi, supaya mereka terpacu untuk memikirkan bagaimana agar domainnya tetap sustainable,” ujarnya.

Pasalnya, tujuan yang diharapkan dari program sejuta domain gratis ini demi mendorong tumbuhnya konten positif dalam negeri, melokalisir akses internet di dalam negeri, mempercepat akses internet, serta agar akses internet lebih murah.

“Penerima domain tentunya diharapkan bisa mendorong agar mereka mulai menyediakan jasanya di Internet yang ujungnya adalah pendayagunaan internet dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya