SOLOPOS.COM - Ilustrasi jaringan 5G (telecomdrive.com)

Solopos.com, SOLO — Jaringan seluler saat ini mulai beralih dari 4G ke jaringan 5G. Untuk diketahui jaringan selular generasi ke-5 atau 5G masuk ke Indonesia pada pertengahan 2021.

Peralihan ini karena jaringan 5G menjanjikan akses internet lebih cepat. Sehingga di pasaran banyak smartphone baru dengan jaringan 5G

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Keunggulan teknologi 5G ini dapat menjangkau kecepatan hingga 10 Gbps. Jaringan 5G juga diklaim memiliki latency 1 ms (10 kali lebih rendah dari 4G).

Baca juga: Cari HP 5G Harga di Bawah Rp5 Juta, Ini Pilihannya

Adapun operator seluler penyedia layanan internet yang pertama kali menyediakan jaringan 5G di Indonesia adalah Telkomsel. Kemudian ada XL Axiata dan Indosat.

Saat ini jaringan 5G sudah mulai tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di kota-kota besar, baik di pulau Jawa maupun di Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Lantas apakah Kota Solo sudah ada jaringan 5G, jawabannya sudah dong. Namun hanya dua operator seluler saja yakni Telkomsel dan Indosat yang terus meningkatkan layanan jaringan 5G di Kota Solo.

Baca juga: Asus ZenBook 14X OLED Space Edition, Tahan Getaran dan Suhu Ekstrim

Dikutip dari Infokumputer.grid.id, Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHz. Di Solo jaringan 5G dari Telkomsel bisa diakses di Telkomsel GraPARI Kota Solo dan Kantor Balai Kota Solo.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, mengatakan pihaknya berkomitmen menghadirkan layanan 5G untuk seluruh elemen bangsa.

Sedang Indosat menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz dengan pita lebar atau bandwidth 20 Mhz dalam rentang 1.837,5 Mhz sampai 1.857,5 Mhz. Untuk Solo bisa diakses di Balai Kota Solo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya