SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) memimpin rapat PSSI. (PSSI)

Solopos.com, JAKARTA—PSSI meminta Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menginvestigasi laga Vietnam melawan Thailand pada matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 yang waktunya bersamaan dengan Timnas Indonesia U-19 versus Myanmar. PSSI menilai laga itu terutama pada 27 menit terakhir janggal karena kedua tim hanya memainkan bola di garis belakang dan tidak berniat untuk menyerang.

‘’Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka. Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF. Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah,”  ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seusai memimpin rapat terhadap kasus ini di Kantor PT Liga Indonesia Baru (LIB), Senin (11/7/2022) seperti dikutip dari laman PSSI.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,” ujarnya.

Baca Juga: Setelah Skor 1-1, Vietnam dan Thailand Tak Bermain Sepak Bola Normal

PSSI memahami dan menyadari regulasi Piala AFF U-19 2022 yang membuat Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal. Iriawan menambahkan soal regulasi AFF ini tidak ada masalah. Sebab, saat manager meeting sudah dibahas dan PSSI memahami itu.

PSSI pun memahami dan menyadari layaknya sebuah tim jika ingin melaju ke fase berikutnya harus bergantung kepada tim itu sendiri dan bukan menggantungkan kepada tim atau negara lain.

“Namun, PSSI juga melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay). Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan,” kata Mochamad Iriawan.

Baca Juga: Pesta Gol 5-1 vs Myanmar, Indonesia Tak Lolos Semifinal Piala AFF U-19

Di sisi lain, Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan ofisial yang telah berjuang maksimal dan tidak kenal lelah. Dia juga mengapresiasi suporter yang tidak kenal lelah mendukung tim.

‘’Sekali lagi terima kasih semuanya. Terima kasih juga kepada pemerintah dalam hal ini Kemenpora yang terus mendukung PSSI selama ini.’’

Rapat ini dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Manager Timnas Indonesia  U-19 Endri Erawan, Asisten Manager Sumarji, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan Asisten Pelatih Nova Arianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya