[x] close
top ear
Informasi lowongan pekerjaan palsu mencatut nama PLN. (Istimewa/PLN)
  • SOLOPOS.COM
    Informasi lowongan pekerjaan palsu mencatut nama PLN. (Istimewa/PLN)

Jangan Tertipu! Beredar Info Lowongan Pekerjaan Palsu Catut Nama PLN

PLN hanya menggunakan akun email resmi untuk rekrutmen yakni rekrutmen@pln.co.id
Diterbitkan Selasa, 14/07/2020 - 12:21 WIB
oleh Solopos.com/Abdul Jalil
2 menit baca

Solopos.com, MADIUN -- Masyarakat pencari kerja harus lebih waspada dan berhati-hati saat mendapatkan informasi lowongan pekerjaan salah satunya yang mengatasnamakan PT PLN.

Hal ini karena di masa pandemi Covid-19 sekarang ternyata ada orang tidak bertanggung jawab dengan membuat pengumuman lowongan pekerjaan dengan mencatut perusahaan tertentu, dalam hal ini PLN.

Seperti yang terjadi beberapa hari terakhir, di media sosial tersebar luas informasi lowongan pekerjaan dari Perusahaan Listrik Negara atau PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur.

Kecelakaan Madiun: 2 Motor Tabrakan di Buduran Tewaskan 1 Orang

Padahal perusahaan pelat merah itu tidak pernah membuka lowongan pekerjaan dalam beberapa hari terakhir.

Senior Manager General Affairs PLN UID Jawa Timur, A. Rasyid Naja, mengatakan selama dua pekan terakhir berturut-turut ada oknum menyebarkan informasi lowongan pekerjaan palsu dan mengatasnamakan PLN UID Jatim.

Menurutnya dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, ada pihak yang mungkin berusaha mengambil keuntungan dari para pencari pekerjaan.

500 Santri Pondok Gontor Jalani Rapid Test

Rasyid menegaskan saat ini PLN sedang tidak dalam membuka lowongan pekerjaan atau perekrutan pegawai baru.

"Jikapun nantinya ada, maka informasi tersebut dapat diakses satu pintu melalui rekrutmen.pln.co.id," dia dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com/JIBI, Senin (13/7/2020).

"Semoga beredarnya informasi palsu terkait rekrutmen pegawai PLN ini tidak memakan korban dan kedepannya tidak terjadi lagi," kata Rasyid Naja.

Tidak Memungut Biaya

Lebih lanjut, dia menyampaikan ada beberapa hal yang perlu untuk dicermati terkait dengan lowongan pekerjaan yang dibuka PLN.

Salah satunya, PLN tidak pernah bekerja sama dengan pihak tour and travel serta tidak memungut biaya pendaftaran, akomodasi, transportasi selama proses rekrutmen tenaga kerja.

Giman Ngawi Ngaku Bisa Geser Rumah dalam Semalam, MUI: Mungkin Ada Makhluk Tak Kasat-Mata

Dia menjelaskan PLN hanya menggunakan akun email resmi untuk rekrutmen yakni rekrutmen@pln.co.id bukan menggunakan akun email yang lain.

"Pengumuman dan pendaftaran resmi rekrutmen PLN hanya melalui website rekrutmen.pln.co.id. PLN tidak pernah datang dan berkomunikasi langsung dengan peserta secara personal untuk menyampaikan informasi rekrutmen," terangnya.

Wadaw! Petugas Tiket Bus Sumber Group Jurusan Surabaya-Jogja Positif Covid-19

Atas adanya informasi rekrutmen palsu yang mencatut nama PLN itu, Rasyid mengimbau kepada seluruh pencari kerja untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi terkait perekrutan.

Rasyid juga mengajak semua pihak untuk tidak mudah terkecoh dengan informasi palsu perekrutan tenaga kerja dengan melakukan pengecekan serta melakukan konfirmasi dulu terkait lowongan pekerjaan itu.

 


Editor : Profile Rohmah Ermawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #PLN #Lowongan Kerja

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini