SOLOPOS.COM - Ilustrasi memulai usaha atau bisnis (freepik)

Solopos.com, SOLO Tak sedikit pengusaha besar dengan nilai kekayaan fatastis awalnya memulai bisnis mereka dari nol. Mereka membangun usaha dengan kerja keras, konsisten, semangat, dan terus belajar hingga akhirnya menghasilkan keuntungan berlimpah.

Tak dipungkiri, bisnis menjanjikan keuntungan bagi para pelakunya. Namun untuk mencapai hal tersebut diperlukan usaha keras dan ketangguhan mengatasi rintangan-rintangan yang terkadang membuat orang-orang mundur sebelum memulai bisnis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika Anda berniat memulai bisnis, maka jangan mengulur-ulur waktu lagi. Kuatkan niat, tekad, dan segera tetapkan langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk melangsungkan usaha sesuai keinginan Anda.

Baca juga: Berkah Pelonggaran PPKM, Pusat Perbelanjaan Mulai Ramai Pengunjung

Berikut ini sejumlah tips bagi Anda yang akan memulai bisnis, seperti dikutip dari Suara.com:

1. Tetapkan Produk

Pertama, Anda harus menetapkan dulu produk apa yang ingin dijual. Anda bisa menjual produk sesuai dengan passion dan hobi agar lebih bisa menikmati suka duka berbisnis dengan sepenuh hati. Lakukan sebuah riset mengenai produk yang akan dijual dan tonjolkan keunikan produk Anda.

2. Ketahui Kebutuhan Modal dan Sumbernya

Sebelum memulai bisnis, siapkan modal baik berupa dana ataupun waktu. Catat dan hitunglah secara terperinci biaya-biaya yang akan kalian keluarkan. Bikin skenario untuk menghemat pengeluaran tanpa mengurangi kualitas produk . Selalu persiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendadak. Atur waktu yang tepat agar kalian tidak kewalahan dalam memulai bisnis kalian.

3. Visi Misi

Anda perlu membikin visi misi bisnis untuk mendapatkan gambaran dan tujuan bisnis di masa depan. Memilki visi misi yang jelas akan melatih disiplin dalam mewujudkan tujuan dari bisnis Anda.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Milenial Tak Segera Beli Rumah

4. Pilih Strategi

Dibutuhkan strategi tepat agar jalannya bisnis Anda sejalan dengan visi misi kalian. Strategi ibarat jalanan yang akan Anda pilih untuk sampai ke tujuan. Strategi awal dalam berbisnis bisa kalian mulai dari segmentasi pasar, menemukan investor, pemilihan supplier bahan baku dan pengenalan produk untuk membangun brand awareness masyarakat terhadap produk bisnis Anda.

5. Fokus

Seorang pebisnis tidak akan memulai bisnis baru jika bisnis lamanya belum stabil, baik dari SDM, modal atau kebutuhan lainnya. Jangan terburu-buru untuk memulai bisnis baru, tetap fokus pada bisnis Anda saat ini. Apabila bisnis lama sudah stabil, Anda bisa membuat rencana untuk bisnis baru.

Dari kelima langkah dalam memulai bisnis, satu hal terpenting yaitu jangan takut pada kegagalan karena guru terbaik kalian adalah pengalaman. Jika bisnis Anda terpuruk, Anda bisa pelajari segala risiko dan cara menanggulangi kegagalan. Selamat mencoba!

Baca juga: Wanodya, Seri Terbaru Pisalin Sambut Hari Batik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya