SOLOPOS.COM - Petugas jasa ekspedisi JNE di Kantor Cabang Jogja melayani customer yang akan melakukan pengiriman barang, Jumat (25/8/2017). (Bernadheta Dian Saraswati /JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira apa sih perbedaan dari J&T dan JNE?

J&T dan JNE merupakan dua perusahaan ekspedisi atau pengiriman barang yang ada di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tentunya bagi kamu yang suka belanja online, dua perusahaan ekspedisi ini sudah tak asing di telinga kalian. Tetapi, ada yang belum tahu mengenai perbedaan dari dua perusahaan ini.

Baca Juga: Lokasi Vaksin Booster di Solo, Lengkap dengan Cara Daftar dan Syaratnya

Apa kira-kira perbedaan dari JNE dan J&T?

Pekerja membungkus paket di Kantor Cabang Utama PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019). (Antara-Raisan Al Farisi) berbagi kebahagiaan JNE
Pekerja membungkus paket di Kantor Cabang Utama PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019). (Antara-Raisan Al Farisi)

Mengutip situs resmi JNE, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE berdiri pada 26 November 1990 dan pada awalnya menggeluti bidang usaha penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantaran dari luar negeri ke Indonesia.

Baca Juga: Tak Hanya Batu Andesit, Ini “Harta Karun” Desa Wadas Purworejo Lainnya

Sementara itu, J&T baru mulai beroperasi di Indonesia pada 2015. Meski baru beberapa tahun berdiri, J&T kian populer dengan beragam pilihan pengiriman paket.

Perbedaan J&T dan JNE kedua juga terletak pada pilihan pengiriman paketnya.

Baca Juga: Pengalaman Pendaki Gunung Lawu Pakai Baju Hijau, Apa yang Dialami?

Ilustrasi aktivitas karyawan J&T (Bisnis/Paulus Tandi Bone)

JNE menawarkan sejumlah layanan pengiriman, seperti YES (Yakin Esok Sampai), Reguler, dan OKE. Ketiga layanan tersebut dibedakan berdasarkan lama pengiriman dan juga tarifnya. Selain itu, JNE juga mempunyai layanan pengiriman paket dalam skala besar lewat JNE Trucking (JTR) dan juga layanan pengiriman makanan atau kuliner khas dari berbagai daerah di Indonesia, PESONA.

Sedangkan J&T memiliki tiga pilihan layanan. Mengutip situs resmi J&T, layanannya terdiri dari J&T Super dengan waktu pengiriman 1-2 hari sampai, J&T EZ dengan lama pengiriman 2-3 hari dan juga J&T ECO yang lama waktu pengirimannya 5-14 hari.

Baca Juga: Beda Angkringan Solo dan Jogja: dari Isi Nasi Kucing – Minuman Khas

Bukan hanya itu saja, perbedaan J&T dan JNE juga terletak pada jam operasionalnya. Untuk JNE hanya buka dari Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00 WIB, sedangkan J&T selalu buka setiap hari tanpa ada hari libur.

Untuk tarifnya, ternyata juga ada perbedaan dari dua perusahaan eskpedisi tersebut. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, untuk pengiriman paket dari Solo ke Jakarta paling murah dikenakan tarif Rp13.000 per kg untuk JNE dan Rp15.000 untuk J&T.

Baca Juga: Viral Penyanyi Mirip Didi Kempot, Ternyata Ini Hlo Orangnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya