SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mobil Bekas Kena Banjir. (Daihatsu.co.id)

Solopos.com, SOLO — Apabila Anda hendak membeli mobil bekas, ada baiknya cek surat-surat kelengkapan kendaraan, seperti STNK dan BPKB. Selain itu cek kondisi mobil.

Jangan sampai Anda membeli mobil yang dari luar bagus ternyata kondisinya tidak sebagus luarnya. Apalagi jika mobil itu bekas kena banjir, sebaiknya dihindari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah biar tidak terlanjur membeli mobil bekas banjir, maka kenali ciri-ciri mobil bekas banjir seperti dikutip dari Daihatsu.co.id dan Auto2000.co.id.

Mobil bekas kena banjir, pada dasarnya walau sudah dibersihkan tidak bisa benar-benar bersih. Pasti masih ada sisa lumpur atau jamur yang tertinggal di komponen mobil.

1. Berkarat

Ciri-ciri mobil bekas banjir yang pertama adalah berkarat. Coba perhatikan bagian baut di bagian rem tangan.

Jika berkarat, ada kemungkinan mobil pernah kena banjir. Sebaiknya periksa dengan teliti hingga detail seperti di bagian bumper agar bisa melihat kondisinya lebih jelas.

Baca juga: Begini Cara Memperbaiki Motor Kena Banjir Rob, Biar Tidak Parah

2. Harga Terlalu Murah

Mobil bekas dijual dengan harga murah? Sebaiknya hati-hati karena itu juga menjadi salah satu ciri-ciri mobil bekas banjir.

Jadi ketahui harga pasar dari mobil bekas yang ingin dibeli agar tidak muncul kecurigaan seperti itu. Sehingga Anda dapat dapat memilih mobil bekas yang tepat.

3. Tercium Bau Tidak Sedap

Banjir yang sudah masuk ke bagian interior mobil akan meninggalkan aroma tidak sedap. Aroma ini bisa muncul layaknya bau apek atau menyengat.

Karena sudah ada usaha menggunakan zat penghilang bau kabin, kopi, hingga pewangi. Namun karena terlalu banyak, aroma yang dihasilkan malah tidak terasa alami.

Baca juga: Mau Cari Mobil Angsuran Rp1 Jutaan, Ini Rekomendasinya

4. Cek Asal Muasal Mobil

Ada beberapa titik daerah yang terhitung rawan banjir. Kalau sudah begini, sebaiknya cek asal muasal mobil. Apabila berasal dari daerah rawan banjir, sebaiknya pertimbangkan untuk membelinya.

5. Periksa Riwayat Perawatan Mobil

Mobil yang dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya pasti memiliki riwayat perawatan yang jelas. Dari perangkat elektronik, mesin mobil, hingga jok mobil.

Selain itu terkadang ada juga riwayat klaim asuransi. Dengan hal ini, maka Anda bisa mendapatkan gambaran apakah mobil tersebut merupakan bekas terkena air banjir atau tidak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya