SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, JAKARTA — Berinvestasi mungkin adalah hal terakhir yang ada di pikiran mahasiswa karena banyaknya kesibukan yang harus dijalani saat menuntut ilmu di perguruan tinggi. Apalagi jika mahasiswa kuliah sambil bekerja paruh waktu, bisa dibayangkan sepadat apa kegiatannya.

Sebagian besar mahasiswa bahkan mungkin merasa seolah-olah mereka tidak memiliki pengetahuan keuangan yang memadai atau cukup uang untuk melakukan investasi. Padahal sebenarnya bisa dikatakan jika masa-ma kuliah adalah salah satu waktu terbaik untuk berinvestasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apalagi saat ini sudah banyak platform investasi menawarkan dengan harga minimal Rp10.000. Dengan menyisihkan uang sedikit demi sedikit setiap hari, bukan tidak mungkin Anda bisa berinvestasi saat masih kuliah.

Baca juga: Jangan Takut Gagal! Ini 5 Tips Memulai Bisnis bagi Pemula

Biar lebih mantap, ini loh beberapa alasan mengapa Anda harus berinvestasi saat kuliah, seperti dilansir dari Everything Finance, Kamis (30/9/2021):

1. Waktu adalah teman terbaik

Semakin cepat Anda memulai, semakin besar investasi Anda dapat tumbuh dan semakin baik untuk masa depan. Pikirkan seperti ini, apakah Anda lebih suka membeli barang dan menghambur-hamburkan uang atau menginvestasikan uang?

Saat Anda lajang dan kuliah, tanggung jawab dan pengeluaran Anda tidak sebesar saat Anda lulus. Manfaatkan waktu ini dan gunakan untuk keuntungan finansial Anda. Ambil beberapa risiko, dapatkan keuntungan besar, belajar dari kesalahan, dan belajar menabung. Anda akan berterima kasih pada diri sendiri pada hari di mana Anda sudah bisa membeli rumah pertama.

2. Tanggung jawab keuangan masih minim

Mayoritas mahasiswa biasanya belum menikah dan tidak memiliki anak. Beberapa bahkan menerima bantuan keuangan dari orang tua mereka dalam hal biaya kuliah. Jika hal ini terjadi pada Anda, kemungkinan besar Anda memiliki penghasilan surplus, meskipun hanya dari pekerjaan paruh waktu.

Aturan umum dalam dunia investasi adalah semakin besar risikonya, semakin tinggi imbalannya. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi di saham berisiko, dan Anda telah menyelesaikan pekerjaan rumah Anda, kemungkinan besar Anda akan menerima imbalan finansial yang besar.

Baca juga: Berkah Pelonggaran PPKM, Pusat Perbelanjaan Mulai Ramai Pengunjung

3. Tidak punya pilihan selain menabung

Anda tidak harus memiliki penghasilan yang tetap untuk menabung. Menabung pada periode apa pun dalam hidup Anda dapat bermanfaat secara finansial, bahkan jika hanya dapat menabung sedikit.

Berinvestasi dapat membantu Anda mempelajari cara menabung. Mulailah dari yang kecil dengan investasi Anda dan pilih sesuatu untuk diinvestasikan yang dijamin akan membuat uang Anda tumbuh.

Jika Anda memiliki pekerjaan, menabung dengan investasi Anda bisa menjadi awal yang baik untuk barang-barang yang mungkin Anda inginkan di masa depan, seperti rumah, mobil, atau dana pensiun Anda.

4. Uang investasi dapat membantu Anda

Sebagian mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi mendapati diri mereka menghadapi sejumlah besar utang pinjaman. Tidak heran anak muda tidak dapat membeli rumah atau menabung untuk dana pensiun ketika semua uang mereka digunakan untuk membayar pinjaman.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Milenial Tak Segera Beli Rumah

Namun, jika Anda sudah memiliki sejumlah uang yang diinvestasikan dan disisihkan, pinjaman dan utang tersebut tidak harus tampak begitu menakutkan. Dengan berinvestasi di pasar dan menghasilkan uang, Anda memiliki kemampuan untuk melunasi pinjaman Anda dengan lebih cepat.

Selain itu, jika mengalami keadaan darurat, Anda dapat tenang mengetahui bahwa Anda aman secara finansial dengan uang yang dihasilkan dari investasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya