SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus Covid-19 varian Omicron. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Varian baru Covid-19, Omicron, dikabarkan sudah terdeteksi atau masuk ke Indonesia. Namun jangan panik, karena obat untuk melawan varian Omicron kabarnya sudah ditemukan.

Baru-baru ini, uji klinis obat oral untuk Covid-19 menyebutkan jika Paxlovid memiliki hasil yang hasil yang cukup efektif dalam menyembuhkan pasien terinfeksi Covid-19 dan berpotensi bisa melawan varian Omicron.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip unggahan terbaru dr Adam Prabata di akun Instagram, Kamis (16/12/2021), Paxlovid bekerja menghambat virus penyebab Covid-19 dalam memperbanyak diri.

Baca juga: Omicron Terdeteksi di Indonesia, Ganjar: Sudah Dikunci Saja Pintu Masuk

Adam yang mengutip keterangan resmi dari Pfizer, menjelaskan Paxlovid mampu menghambat produksi enzim yang diperlukan virus Covid-19 untuk memperbanyak diri. Paxlovid juga disebut memiliki tingkat efektivitas 88-89% dalam menurunkan risiko rawat inap atau kematian akibat Covid-19 bagi penderita berisiko tinggi.

Efektivitas itu ditemukan pada pasien dewas, Covid-19 ringan hingga sedang, dan tidak rawat inap. “Obat diminum dalam 3-5 hari sejak gejala muncul,” tulis Adam, dikutip dari Bisnis.com, Kamis (16/12/2021).

Sementara bagi penderita Covid-19 berisiko sedang, Paxlovid disebut memiliki tingkat efektivitas hingga 70% dalam menurunkan risiko rawat inap atau kematian. Efektivitas itu ditemukan pada pasien dewasa, dengan gejala ringan hingga sedang, dan tidak rawat inap. Adam menambahkan obat dimimun dalam 5 hari sejak gejala Covid-19 mundul.

Baca juga: Kabar Baik! Obat Covid-19 Kemungkinan Bisa Ditemukan Setahun Lagi

Lantas, bagaimana cara Paxlovid melawan varian Omicron? Berdasarkan penelitian yang disampaikan Pfizer, Paxlovid mampu menghambat enzim yang penting bagi varian Omicron untuk memperbanyak diri. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kemampuan Paxlovid yang sebenarnya terhadap varian Omicron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya