SOLOPOS.COM - Ilustrasi hantavirus. (istimewa)

Solopos.com, SOLO – Selagi dunia berperang dengan virus corona jenis baru, Covid-19, muncul virus baru bernama Hantavirus. Virus ini telah memakan korban jiwa seorang pria asal China.

Menurut Global Times, pria tersebut terinfeksi setelah melakukan perjalanan kembali ke Provinsi Shandong untuk bekerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Corona Mengganas, Arab Saudi Lockdown Tiga Kota Utama

Kasus ini telah membuat sejumlah orang resah. Beberapa lantas menyamakan dengan virus corona baru yang tengah menjadi pandemi global.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti dimuat health24, Hantavirus tidak seperti virus Corona baru. Ada perbedaan di antara dua virus tersebut, meski sama-sama kemunculannya belakangan ini dari China.

Perbedaan yang utama bisa dilihat dari penyebaran virus, yakni yang tidak antarmanusia melainkan. Sementara penularannya melalui tikus dan binatang pengerat (rodensia) lainnya.

Khawatir Dampak Covid-19, Keluarga Kedutaan Amerika Diminta Tinggalkan Indonesia

Penularan ke manusia baru bisa terjadi jika ada kontak dengan hewan rodensia yang terinfeksi atau kontak dengan ekskresinya, seperti saliva, urin, atau feses.

Hantavirus adalah virus yang disebarkan oleh hewan pengerat (rodensia). Ada beberapa jenis hantavirus, yang dapat menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai Hantavirus pulmonary syndrome (HPS), penyakit pernapasan yang dimulai dengan gejala mirip flu.

Hantavirus hanya menyebar melalui binatang pengerat ke manusia dan tidak dapat menyebar dari manusia ke manusia.

1 Lagi Dokter di Bandung Meninggal Dunia karena Positif Corona

Sesorang bisa terinfeksi virus ini langsung dari partikel kecil seperti kotoran tikus, urine atau air liur dapat dihirup, atau ketika langsung memegang tikus dengan tangan kosong dan kemudian menyentuh wajah dan hidung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kasus-kasus infeksi Hantavirus manusia biasanya terjadi di daerah pedesaan, hutan, ladang, dan peternakan di mana ada banyak tikus sylvatic yang menampung virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya