SOLOPOS.COM - Ilustrasi smartphone. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-- Intensitas hujan tinggi akhir-akhir ini telah menyebabkan genangan bahkan banjir di beberapa daerah. Tentunya, orang memiliki berbagai barang berharga yang harus diselamatkan dari rendaman banjir.

Salah satu hal yang penting selain dokumen berharga adalah smartphone. Perangkat elektronik ini sangat penting untuk tetap terhubung dengan keluarga atau pihak lainnya di kondisi darurat seperti banjir. Lantas bagaimana jika smartphone kita kena air saat banjir?

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Cara terpopuler untuk mengeringkan smartphone terendam banjir adalah memasukkannya ke dalam beras untuk beberapa saat. Namun, sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Samsung Rilis Galaxy F62, Baterai 7.000 MAh Harga Rp4 Jutaan

Ekspedisi Mudik 2024

Membuka Perangkat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan panik. Lepaskan aksesori atau komponen lainnya yang dapat dibuka di smartphone kamu. Air biasanya akan masuk ke dalam perangkat melalui celah-celah kecil. Sebut saja slot untuk kartu memori dan kartu SIM kamu.

Selain itu, jika menggunakan back case tambahan, kamu juga perlu melepasnya. Pastikan bagian-bagian perangkat tersebut disimpan di tempat kering secara terpisah. Artinya, tidak ditumpuk di satu tempat. Perhatikan perangkat yang telah kamu buka, jangan sampai terlewat apalagi hilang.

Baca Juga: Redmi Note 10 Rilis Di India Bulan Depan, Kapan Masuk Indonesia?

Keringkan dengan Kain Lap

Cara selanjutnya adalah kamu perlu mengeringkan semua bagian perangkat yang telah dibuka sebelumnya dengan kain lap.

Pastikan kamu memakai lap dengan daya serap tinggi, seperti lap berbahan microfiber. Hindari penggunaan lap kanebo, karena biasanya ia menyimpan banyak air, walau daya serapnya cukup tinggi.

Jangan mengelap smartphone dengan cara menggosoknya sebab ini bisa membuat kamu tidak sengaja mendorong air masuk ke celah-celah kecil lainnya. Kamu cukup menepuk secara perlahan ke bagian-bagian smartphone.

Baca Juga: Sudah Tersertifikasi, Xiaomi Mi 11 Lite Kapan Rilis?

Gunakan Penyedot Vakum

Berbagai saran menunjukkan penggunaan penyedot vakum dibandingkan pengering rambut. Pasalnya, pemakaian pengering rambut dengan suhu panas yang dipancarkan berpotensi menimbulkan kerusakan lainnya di smartphone.

Bagian-bagian tidak terlihat terkadang akan mudah rusak pada kondisi suhu panas tertentu. Gunakan penyedot vakum pada lubang yang terlihat, seperti lubang speaker dan soket pengisi daya. Kemudian perhatikan juga sela-sela di sudut smartphone dan di samping kamera.

Baca Juga: Viral! Anggota DPRD Bantul Sebut Pemakaman Covid Seperti...

Penyedot vakum diharapkan dapat menyedot keluar air-air yang masuk melalui celah-celah tersebut. Setelah itu, kamu perlu kembali melakukan langkah kedua dengan mengeringkan bagian-baigannya.

Perlu diperhatikan, jangan terburu-buru untuk menyalakan smartphone kamu, bisa jadi masih ada air yang terperangkap di dalam smartphone. Tunggu hingga kamu benar-benar yakin perangkat telah kering sepenuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya