SOLOPOS.COM - Wisatawan mancanegara berjemur di Gili Trawangan, Lombok. (Rachman/JIBI/Bisnis)

Liburan Anda belum lengkap rasanya jika tak membawa gadget.

Solopos.com, SOLO – Gadget menjadi salah satu barang terpenting saat ini termasuk ketika liburan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banyak orang waswas ketika benda itu lupa tak terbawa. Namun tidak semua gadget perlu dibawa, pilih saja yang paling bermanfaat dalam liburan Anda.

Mengabadikan momen ketika liburan merupakan hal yang wajib. Ponsel berkamera dan kamera saku menjadi pilihan teratas untuk dibawa saat liburan. Namun, charger juga jangan sampai dilupakan. Dikutip Solopos.com dari Kantor Berita Antara, Jumat (16/1/2015) berikut adalah gadget yang dapat memaksimalkan liburan Anda.

Smartphone

Gadget utama yang perlu dibawa saat liburan tentu saja smartphone. Faslitas multimedia yang lengkap menjadi alasan gadget ini menempati urutan pertama.

Selama perjalanan tak perlu takut rasa bosan menyerang, Anda dapat ber-selfie ria dan langsung mengunggahnya ke media sosial.

Dengan bantuan GPS pada smartphone, Anda juga tidak perlu khawatir akan tersesat. Aplikasi pemutar musik juga dapat diandalkan ketika Anda mengantuk.

Tapi pastikan Anda memasang pelindung ponsel seperti anti gores dan sarung anti air, terutama bila akan beraktivitas di alam terbuka.

Untuk memaksimalkan liburan, aplikasi pendukung juga dapat  diunduh. Ada sejumlah aplikasi pemesanan hotel dan tiket pesawat yang dapat diunduh di Playstore (Android) maupun Appstore (iOS).

Dengan demikian Anda tak perlu khawatir kehabisan kamar untuk menginap atau sekadar beristirahat.

Menempati urutan pertama bukan berarti tanpa cela. Smartphone biasanya memiliki keterbatasan menangkap sinyal jika dibawa liburan ke lokasi terpencil. Salah satu solusinya adalah Anda perlu membawa ponsel satelit.

Powerbank

Daya smartphone maupun ponsel Anda pasti cepat terkuras selama liburan, terutama jika Anda banyak menggunakannya baik untuk berselancar di dunia maya, berkomunikasi, dan mengambil foto.

Powerbank  wajib Anda bawa untuk mengantisipasi jika daya ponsel hampir habis di tempat yang jauh dari sumber listrik.

Dengan powerbank, Anda tetap bisa beraktivitas kesana kemari membawa ponsel selagi dayanya diisi. Beberapa tipe powerbank juga dilengkapi dengan fitur lampu senter yang dapat digunakan saat gelap gulita.

Namun biasakan untuk mengisi daya powerbank saat Anda tengah beristirahat di penginapan. Waktu tidur adalah saat yang paling tepat.

Kamera

Mengabadikan momen dengan kualitas lebih baik, tentu kamera lebih tepat. Menggunakan kamera saku maupun DSLR Anda lebih bisa mengeksplor gaya foto di lokasi liburan.

Selain itu Anda juga dapat menghemat daya ponsel agar tidak cepat habis karena terlalu banyak mengambil foto.

Pastikan Anda membawa perlengkapan tambahan untuk kamera, seperti kartu memori cadangan, baterai cadangan, serta gorila pod bila ada. Gorila pod merupakan sebuah tripod mungil yang kakinya bisa melilit, termasuk melilitkannya pada tiang ketika tidak ada bidang datar untuk mendirikan kamera.

Jika Anda berencana untuk liburan ke suatu tempat dengan kondisi ekstrim, maka kamera GoPro dapat dipilih sebagai pendamping.

Dengan kamera mungil ini Anda dapat merekam segala aktifitas ekstrim seperti menyelam dan downhill tanpa perlu khawatir kualitas foto buruk.

Memori Cadangan



Bawalah memori cadangan untuk kamera Anda minimal dua kali lipat kapasitas memori utamanya. Benda ini harus dibawa agar Anda tetap leluasa menangkap sebanyak mungkin momen liburan melalui kamera.

Jangan membeli memori di tempat liburan. Selain belum tentu tersedia, harganya bisa jadi jauh lebih mahal.

Universal Charger

Gadget tentunya memerlukan listrik untuk dapat dioperasikan. Charger dengan port universal sangat penting dibawa karena tidak semua tempat menginap menyediakan colokan yang sesuai dengan pengisi daya dari perangkat yang Anda miliki. Apalagi jika Anda berencana liburan ke negara lain.

Steker 3 Cabang

Rata-rata tempat menginap menyediakan steker dalam jumlah sedikit. Dalam satu ruanganbiasanya hanya disediakan dua lubang sumber listrik. Steker dapat menjadi penyelamat jika gadget Anda kehabisan daya di waktu bersamaan.

Jam Tangan Anti Air

Jam tangan biasa sebenarnya sudah cukup untuk menemani liburan Anda. Tujuan utamanya hanya untuk melihat waktu. Namun memilih jam tangan dengan kemampuan anti air tentunya akan lebih baik.

Jika anda berencana untuk menyelam, menembus embun dan lumpur di gunung atau bahkan mengunjungi tempat bersalju, jam tangan anti air akan lebih tahan dengan keadaan tersebut dan memudahkan Anda untuk selalu memantau waktu.

Tas Ransel Serbaguna

Satukan semua gadget Anda dalam tas khusus yang mudah Anda jangkau. Tas ransel lebih tepat digunakan ketika liburan daripada tas slempang. Bila ada, gunakan saja tas anti air karena gadget Anda rentan rusak terutama jika Anda berniat berlibur ke pantai.

Saat ini telah banyak tas travelling anti air yang tersedia dengan beragam model unik dan ukuran yang sesuai kebutuhan. Pilih pula yang bahannya tebal sehingga mampu meredam benturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya