SOLOPOS.COM - ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kurang dari sebulan lagi tahun akan berganti baru, yakni 2022. Tidak sedikit yang merasa senang dan merayakan euforia malam Tahun Baru 2022. Bagi umat Islam, baiknya membaca doa supaya mendapatkan kebaikan dan keberkahan dibanding melakukan kegiatan tidak bermanfaat yang menghabiskan waktu, terlebih saat ini masih pandemi Covid-19.

Di sisi lain, merayakan malam tahun baru Masehi tidak diajarkan Islam karena sudah mempunyai tahun baru sendiri yakni Hijriyah. Sementara tahun baru Masehi banyak yang merayakan dengan cara yang menyerupai budaya barat dan jauh dari nilai-nilai Islam. Bahkan perayaan tahun baru disebut lebih banyak madharat-nya dari pada kebaikannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Petilasan Ki Kebokanigoro Boyolali, Tempat Bersemedi Kabulkan Hajat

Dikutip dari Liputan6, Senin (6/12/2021), doa tahun baru dapat dibaca setelah Salat Magrib. Setiap awal tahun Islam atau tahun Hijriyah Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa kepada Allah SWT. Hal itu menjadi landasan bagi umat Islam untuk senantiasa berdoa mengharap rida Allah saat menyambut tahun baru.

Berikut bacaan doa awal tahun untuk menyambut tahun baru Islam seperti dihimpun dari Bisnis.com, Senin (6/12/2021):

Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul- awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam [belas kasihan dan kesejahteraan] kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal [Pertama] dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada-Mu pada tahun ini agar terhindar [terjaga] dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara [pasukannya], dan [kami mohon] pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan [mendorong] berbuat kejahatan, serta [kami mohon] agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya.

Baca Juga: Hiii.. Perempuan Ini Ngaku Punya Pacar Hantu, Begini Kisahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya