SOLOPOS.COM - ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Azan menjadi pertanda akan masuknya waktu salat. Setelah kumandang azan selesai, sebaiknya membaca doa seperti yang diajarkan dalam Islam.

Azan dikumandangkan sebanyak lima kali dalam sehari untuk seruan mendirikan salat. Saat azan dikumandangakan, sebaiknya tidak berbicara. Bahkan kita diminta untuk menghentikan aktivitas sejenak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Doa Tolak Bala dan Dijauhkan dari Bahaya, Lengkap Latin dan Artinya

Imam Bukhari meriwayatkan anjuran untuk memanjatkan doa setelah seruan azan selesai sebagaimana yang dihimpun dari laman resmi Nahdlatul Ulama, Selasa (21/12/2021):

Allahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qaa’imah, aati sayyidanaa muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab‘atshu maqaamam mahmuudanil ladzii wa‘attah, innaka laa tukhliful mii’aad. Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya:

Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah wasilah [tempat di surga] dan keutamaan kepada Nabi Muhammad SAW. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji [hak syafaat] yang Engkau janjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji. Tuhanku, ampunilah dosaku dan [dosa] kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil

Baca Juga: Begini Tata Cara Salat Hajat Untuk Mewujudkan Keinginan

Dikutip dari Suara, orang yang membaca doa setelah seruan azan akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan memperoleh syafaat Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan Jabir bin Abdullah RA yang artinya:

Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa ketika mendengar azan lalu mengucapkan [doa], maka syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya