SOLOPOS.COM - Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, saat diambil gambarnya dari udara, Senin (14/3/2022). (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, JAKARTA – Panitia penyelenggara Pertamina Grand Prix of Indonesia telah menyiapkan alur masuk penonton yang akan menyaksikan ajang balap MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB pada 18-20 Maret 2022.

PT Pengembang Pariwisata Indonesia (Persero) ITDC dan Mandalika Grand Prix Association menetapkan alur masuk penonton diatur sesuai dengan tiket MotoGP yang dibeli oleh para pengunjung untuk meminimalisasi kerumunan kendaraan maupun orang yang keluar masuk area sirkuit.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Baca juga: Tidak Ikut Konvoi, Jokowi Sambut Pembalap MotoGP di Istana

“Pemberlakukan flow penonton ini sudah kami diskusikan dengan Dinas Perhubungan NTB dan Polda NTB agar lebih terintegrasi,” kata Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro, dalam keterangan resminya, Selasa (15/3/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

“Selain untuk meminimalisasi jumlah penonton yang terlalu banyak dalam suatu titik, juga untuk mengantarkan penonton sedekat mungkin dengan lokasi grandstand sesuai tiket yang mereka beli.”

Dinas Perhubungan dan Polda NTB telah menyediakan feeder bus untuk keluar masuk kawasan Mandalika dengan sejumlah rute yaitu, rute Selaparang – The Mandalika, rute Pelabuhan Kayangan – The Mandalika, rute Embarkasi Haji – The Mandalika, rute Zainuddin Abdul Madjid – The Mandalika, rute Pelabuhan Bangsal – The Mandalika, rute Pelabuhan Lembar – The Mandalika, dan rute Pelabuhan Gili Mas – The Mandalika.

Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan, Berikut Agenda Lengkap Moto GP Mandalika

Setiap rute didukung tiga jenis bus dengan stiker warna merah, biru dan hijau yang akan membawa penonton langsung sampai ke area parkir timur dan parkir barat di dalam kawasan The Mandalika.

Bus berstiker merah menuju Parkir Timur untuk penonton dengan tiket Grandstand zona A, B, C, H. Sedangkan bus berstiker biru menuju Parkir Timur untuk penonton dengan tiket Grandstand zona D, E, F, G, dan General Admission. Kemudian bus berstiker hijau menuju Parkir Barat untuk penonton dengan tiket Grandstand zona I, J, dan K.

Panitia juga menyiapkan alur penonton yang membawa kendaraan pribadi. Pemegang tiket Grandstand dan General Admission akan mendapatkan stiker kendaraan berwarna merah, biru, dan hijau.

Sedangkan penonton kategori VIP Hospitality Suites; Premier Class dan Deluxe Class akan mendapat stiker kendaraan warna hitam dan abu-abu. Stiker dapat diambil pada 18-20 Maret di Eks-Embarkasi Haji, depan hotel D’Max, Praya, Lombok Tengah.

Setelah mendapatkan stiker, penonton akan diarahkan menuju salah satu kantong Parkir Barat, Parkir Timur, dan area parkir yang tersebar di 16 titik tergantung ketentuan tiket masing-masing penonton.

Baca juga: Kru Pembalap Sudah Datang, Moto GP Mandalika Siap Bergemuruh

Dikutip dari Antara, Selasa, kantong-kantong parkir itu dapat menampung sebanyak 8.900 kendaraan roda empat dan 3.000 kendaraan roda dua.
Penukaran e-tiket jenis Grandstand dan General Admission dapat dilakukan lebih awal pada 16-17 Maret di Eks Bandara Selaparang, Mataram untuk menghindari antrean panjang. Pada hari balapan atau tanggal 18-20 Maret 2022, penonton juga dapat menukarkan tiket di loket yang dibuka di parkir Barat (area Bazaar Mandalika) dan Parkir Timur (area Tanjung Aan).

Setelah mendapat wristband, penonton diwajibkan naik shuttle bus yang menjadi transportasi dalam kawasan untuk mengantar ke pintu masuk sirkuit sesuai dengan lokasi Grandstand.

Pemegang tiket Grandstand zona A, B, C, dan H dapat menaiki shuttle bus merah dari parkir timur untuk menuju pintu/gate satu.
Penonton Grandstand zona D, E, F dan G dan General Admission menggunakan shuttle berstiker biru menuju gate dua. Sedangkan penonton Grandstand I, J dan K menggunakan shuttle berstiker hijau untuk menuju gate tiga.
Dishub dan Polda NTB juga akan menyiapkan area posko penyekatan di 15 lokasi yang tersebar di dalam dan luar kawasan Mandalika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya