SOLOPOS.COM - Masyarakat tampak meramaikan area pusat Car Free Sunday (CFS) Kabupaten Wonogiri, Minggu (3/7/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

Solopos.com, WONOGIRICar free sunday (CFS) Wonogiri ditutup sementara, Minggu (10/7/2022) karena bertepatan dengan Iduladha 1443 H/2022 M. CFS akan dibuka kembali, Minggu (17/7/2022).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, mengatakan penutupan CFS bertujuan menghormati perayaan Iduladha. Terlebih, jemaah Salat Iduladha di Masjid Agung At Taqwa di samping alun-alun dapat meluber hingga ke jalan. Sehingga tidak mungkin kegiatan CFS dibuka pada saat itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Iya, kami liburkan CFS Minggu besok. Istilahnya untuk menghormati mereka yang merayakan Hari Raya Iduladha,” kata Waluyo saat dihubungi Solopos.com, Rabu (6/7/2022).

Waluyo mengatakan penutupan CFS juga bertujuan memperlancar mobilitas warga, baik dalam urusan ibadah, pengiriman daging kurban, atau silaturahmi antarkelaurga. Jika CFS dipaksakan digelar,bakal berisiko menghambat perayaan Iduladha.

“Minggu lalu, pengunjung yang datang CFS sampai membeludak mulai dari perempatan Ponten sampai Taman Tugu 45,” katanya.

Baca Juga: Setelah Iduladha, Giliran CFD Giritontro Wonogiri Digelar

Ketua Paguyuban Pedagang CFS Wonogiti, Aswin Asmoro Ady, menuturkan hal senada. Pemerintah Kabupaten Wonogiri sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) penutupan sementara CFS.

“Iya, Minggu ini (10/7/2022) CFS akan tutup sementara berdasarkan SE dari pemerintah. Buka lagi pada Minggu depannya. Sepekan setelah lebaran kurban,” ujar dia kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya