Jangan Bingung, Ini Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

Kartu debit dan kartu kredit adalah produk-produk bank berupa kartu yang mampu mempermudah proses transaksi ketika berbelanja.

Anik Sulistyawati - Solopos.com
Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:33 WIB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu kredit (Pinterest)

Solopos.com, SOLO — Meskipun sering mendengar, apakah Anda masih bingung perbedaaan kartu kredit atau kartu debit?

Atau apakah saat ini sedang mempertimbangkan untuk memiliki keduanya? Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang serupa, yaitu mempermudah transaksi tanpa perlu menggunakan uang secara fisik.

Kartu debit dan kartu kredit adalah produk-produk bank berupa kartu yang mampu mempermudah proses transaksi ketika berbelanja.

Namun keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Berikut sejumlah perbedaan antara kartu kredit dan debit yang perlu Anda ketahui seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga: BI: Pinjol dan Modal Ventura Lebih Cepat Pulih Daripada Perbankan

Menurut Peraturan Bank Indonesia pasal 1 Angka 4 peraturan Bank Indonesia Nomor 7/52/PBI/2005 Tentang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), yaitu:

“Kartu kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran tersebut pada waktu yang disepakati baik secara sekaligus (charge card) ataupun secara angsuran.”

Jadi, dalam arti lain, kartu kredit adalah alat pembayaran non tunai yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan transaksi berbelanja kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

Namun, perlu diingat bahwa dengan menggunakan kartu kredit, bukan berarti Anda dapat melakukan transaksi secara bebas.  Hal tersebut hanya akan membuat tagihan kredit melonjak yang pada akhirnya pengguna kartu harus membayar total nominal belanja dalam waktu yang telah disetujui oleh kedua belah pihak yakni pemegang kartu dan pihak bank.

Sementara itu kartu debit adalah alat pembayaran modern yang dapat membantu Anda menyelesaikan transaksi dengan cara memotong saldo dari rekening tabungan sendiri. Sehingga, pemegang kartu debit tidak dibebankan oleh pelunasan tagihan akhir.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit BCA dan BRI Secara Online

Perbedaan Manfaat

Credit card atau kartu kreditd adalah sebuah alat pembayaran dengan sistem transaksi di mana bank akan membayar tagihan Anda terlebih dahulu.

Hal tersebut menjadikan credit card sebagai alternatif pinjaman dana paling efektif. Bahkan jika pengguna melunasi total pinjaman sebelum jatuh tempo maka ia pun tak akan dibebani oleh tanggungan bunga.

Jadi, bisa dikatakan bahwa credit card lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan jenis pinjaman lain seperti pinjaman online. Manfaat kartu kredit yang selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan banyak promo, cashback, hingga cicilan 0%.

Karena telah bermitra dengan Visa dan Mastercard, maka credit card dapat digunakan dalam aktivitas tarik tunai baik pada bank lokal maupun internasional.

Baca Juga: Ada Kartu Kredit Pemerintah, Bisa Dipakai untuk Bayar ke UMKM

Sementara itu, pemakaian debit card atau karti debit untuk transaksi tidak dikenakan beban bunga sepeserpun karena pemotongan dananya berasal dari rekening tabungan Anda.

Hal tersebut menjadikan credit card sebagai alternatif pinjaman dana paling efektif. Bahkan jika pengguna melunasi total pinjaman sebelum jatuh tempo maka ia pun tak akan dibebani oleh tanggungan bunga.

Jadi, bisa dikatakan bahwa kartu kredit lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan jenis pinjaman lain seperti pinjaman online. Jika Anda pemilik debit card bertipe regional atau internasional, maka benda kecil tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran hampir di seluruh dunia. Jadi, Anda tak perlu khawatir apabila hendak membeli sesuatu dari luar negeri.

Sementara debit card akan dipotong secara otomatis ketika Anda melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut. Sehingga, tak ada tagihan, utang, maupun beban yang harus dibayarkan di akhir bulan.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif