SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas karyawan J&T (Bisnis/Paulus Tandi Bone)

Solopos.com, SOLO — Kabar mengejutkan datang dari perusahaan ekspedisi JET Express yang akan resmi berhenti beroperasi pada akhir Februari 2022.

Informasi tersebut disampaikan manajemen JET Express melalui media sosial dan situs resminya. Pendiri dan pemilik JET Express, Peter D. Chandra mengonfirmasi informasi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski tidak menjelaskan alasan menutup perusahaannya itu, ia mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan yang sudah memanfaatkan layanan ekspedisinya selama ini.

“Terima kasih atas kebersamaannya karena sudah menjadikan JET express JETXPS (Jet Express) rumah kedua banyak orang. Sebuah kehormatan dan kebanggaan berjuang bersama team JETXPS (Jet Express),” tulisnya dikutip dari media sosial Linkedin miliknya, Kamis (17/2/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: JET Express Pamit Saat Transaksi E-Commerce Catatkan Angka Fantastis

Seiring kabar tersebut, ternyata banyak yang bingung perbedaan antara JET Express dengan J&T. Memang, banyaknya jasa pengiriman atau ekspedisi di Indonesia saat ini memang terus bertambah.

Terkadangyang bikin bingung konsumen adalah  perusahaan pengiriman yang memiliki logo mirip dan kadang dianggap sebagai satu perusahaan, termasuk J&T dan JET Express.

Selain memiliki kesamaan dari ciri khas warnanya yang merah, kedua jasa ini juga mempunyai pelayanan yang hampir serupa.

Namun sebenarnya keduanya punya perbedaan. Berikut beberapa perbedaan kedua jasa pengiriman tersebut seperti dirangkum dari paketmu.com adalah:

Baca Juga: JET Express Tutup, Dampak Ketatnya Persaingan Bisnis Logistik?

1.  Desain Logo Berbeda

Walaupun sama-sama menggunakan warna merah pada logonya, jika dilihat secara detail ternyata ada beberapa perbedaan dari logonya.

Pada JET Express memiliki ciri khas huruf J yang lebih melengkung ke bagian depan, sedangkan huruf J pada J&T lebih tajam dan membentuk sudut siku-siku. Sementara tulisan expres pada J&T menggunakan huruf kapital seluruhnya, sedangkan JET Express menggunakan huruf kecil pada kata express-nya.

2.  Tampilan Agen Beda

Agen dari J&T terlihat lebih mewah karena selalu menggunakan billboard yang sangat besar dan mudah dilihat dari kejauhan. Selain itu, ciri khas billboardnya juga selalu menggunakan gambar Dedy Corbuzier sebagai ambasadornya untuk menarik minat pelanggan.

Untuk agen JET Express lebih sederhana dengan neon box kecil yang terkadang sulit dilihat dari kejauhan. Tampilannya juga hanya terdiri dari logo tulisan serta alamat website kecil di bawahnya.

3.  Halaman Website dan Aplikasi Beda

J&T dan Jet Express sama-sama memiliki halaman website resmi serta aplikasi Android. Walaupun keduanya memiliki aplikasi dan halaman yang didominasi warna merah, namun J&T memiliki navigasi yang lebih besar dan mudah.

Website keduanya pun berbeda karena J&T menggunakan alamat jet.co.id sedangkan JET Express mengguanakan alamat jetexpress.co.id.

Baca Juga: Ini Strategi Perusahaan Jasa Pengiriman Sambut Banjir Paket Jelang Lebaran

4. Perbedaan Cabang

Didirikan pada Agustus tahun 2015, J&T memiliki cabang yang luas di Indonesia. Bahkan hampir semua marketplace telah bekerja sama dengan J&T sehingga mudah dikenal khalayak ramai.

Jet Express yang berdiri beberapa bulan sebelumnya, yakni pertengahan tahun 2015 memiliki cabang yang lebih sedikit. Jarang sekali ditemukan paket pengiriman Jet Express pada marketplace khususnya di daerah pelosok. Faktor inilah yang membuat jumlah pelanggan J&T jauh lebih besar dibandingkan Jet.

5. Perbedaan Layanan dan Fasilitas kepada Pelanggan

Untuk layanan dan fasilitas yang diberikan oleh kedua jasa ini sama-sama memiliki keunggulan dari adanya asuransi pada pengiriman paket yang dilakukan. Selain itu, keduanya juga memiliki keunggulan dari adanya layanan penjemputan paket yang sangat memudahkan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya