Jangan Bingung, Ini 7 Cara Cegah Kabel Rusak Akibat Gigitan Tikus

Kabel rusak atau putus karena gigitan tikus bisa berbahaya dan menyebabkan korsleting, terutama kabel yang berarus listrik.
SHARE
Jangan Bingung, Ini 7 Cara Cegah Kabel Rusak Akibat Gigitan Tikus
SOLOPOS.COM - Kabel rusak atau putus karena gigitan tikus bisa berbahaya (ilustrasi/istimewa)

Solopos.com, SOLO – Kabel rusak atau putus karena gigitan tikus bisa berbahaya dan menyebabkan korsleting, terutama kabel yang terkena gigitan adalah kabel dengan arus listrik. Tentunya, jika terjadi maka perangkat elektronik yang kabelnya terputus, bisa jadi tidak bisa diperbaiki dan harus beli baru.

Meski terpaksa membeli dan mengganti dengan yang baru, jika tidak memahami bagaimana cara mencegah kabel terputus akibat digigit tikus, maka kejadian itu akan terus berulang.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Sebenarnya, ada cara mencegah kabel digigit tikus yang cukup efektif dan tidak selalu harus memasang perangkap di sekitar area kabel. Melansir dari Liputan6.com Rabu (11/11/2020), berikut cara mencegah kabel digigit tikus yang tepat dan efektif.

Hoaks Covid-19 Upaya Kurangi Kepadatan Penduduk, Ini Faktanya

Merapikan kabel

Penting untuk tidak membiarkan kabel berserakan di rumah. Meski terdengar sederhana, merapikan kabel sangat efektif untuk mencegah kabel rusak akbiat gigitan tikus. Sebab,kabel yang berserakan akan menarik perhatian tikus.

Salah satu area yang perlu diwaspadai adalah sudut-sudut lembap seperti dapur. Tikus biasanya sangat senang bersembunyi di celah lembap sekitar kulkas atau kardus. Oleh karena itu, jika selesai menggunakan alat dapur yang menggunakan listrik, seperti blender, ada baiknya segera merapikan dan meletekkannya di area yang aman. Kabel yang terurai akan dianggap mainan oleh tikus.

Jangan lupa untuk mengelap kabel yang mungkin terkena bumbu atau bahan masakan agar tikus tidak tertarik dengan aroma yang menempel.

Menggunakan kapur barus

Kapur barus memiliki aroma yang sangat menyengat dan tikus membenci aroma tersebut sehingga bisa digunakan untuk mecegah ikus menggigit kabel. Ini juga berguna mencegah area sekitarnya menjadi lembap. Kalian bisa meletakkan kapur barus di area yang dekat dengan kabel. Selain kapur barus, menggunakan bahan alami seperti jeruk atau bawang juga dipercaya bisa mengusir tikus karena bau menyengatnya.

Biar Paru-Paru Sehat, Pastikan Asupan Vitamin Ini Tercukupi

Pakai pelindung kabel

Sebenarnya, sudah banyak jenis kabel yang diklaim anti gigitan tikus dan beberapa jenis kabel juga cukup tebal. Namun, lapisan luar pelindung kabel sudah sangat tebal tak menjamin tikus tidak menggigitkanya. Tikus masih bisa saja menggigit dan membuat kabel terkelupas atau bahkan putus.

Oleh karena itu kalian bisa membeli pelindung kabel di toko kelistrikan untuk jenis kabel yang cukup tebal. Sedangkan jenis kabel yang pelindungnya tipis, seperti kabel cas atau headset, pelindung kabel banyak dijual di toko aksesoris ponsel. Namun tetap ingat, untuk merapikan kabel dang jangan sampai kabel terurai meski sudah diberi pelindung kabel tersebut.

Memelihara hewan peliharaan

cara ini mungkin jarang disadari oleh banyak orang bahwa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing sangat berguna mencegah adanya tikus yang bersarang di rumah. Sebab, tikus biasanya akan menghindari area-area rumah yang terdapat hewan peliharaan.

Perangkap tikus

Memang, dengan melindungi kabel sendiri belum cukup, karena sumber utamanya adalah tikus yang ada di area rumah. Kabel yang dilindungi masih memiliki potensi rusak karena gigitan tikus.

Mau tidak mau kalian perlu menyiapkan perangkap tikus, seperti lem atau mungkin racun tikus. Pasang perangkap tersebut di area sekitar kabel, terutama yang berpotensi dilewati tikus. Jangan lupa, untuk memasang perangkap tikus tersebut di area yang sedikit jauh dari lalu lalang penghuni rumah, agar tidak melukai kalian atau penghuni rumah lainnya.

Menggunakan mouse repellent

Cara ini bisa dibilang cukup modern, yaitu dengan mouse repellent atau penggunaan alat dengan frekuensi ultrasound agar tikus enggan mendekat. Sebab, tikus bisa mendengar suara ultrasound yang merupakan frekuensi tinggi namun tidak bisa didengar manusia. Alat ini banyak dijual di toko-toko dan akan terus memancarkan suara frekuensi tinggi yang bisa mengganggu dan mengusir tikus.

Kalian juga cukup menancapkan alat ini di terminal listrik dan akan lebih efektif jika diletakkan pada area-area yang memang sangat lembap dan biasa dijadikan sarang tikus atau pada area-area dekat kabel.

Selalu jaga kebersihan

Dari berbagai di atas, sebenarnya yang paling penting dan efektif justru dengan memperhatikan kebersihan serta kerapian area di sekitar kabel tersebut. Jika di area kabel dan sekitarnya berbau serta kotor, maka akan sangat mengundang tikus untuk datang. Jangan lupa juga untuk menjaga sirkulasi udara dan hindari adanya barang menumpuk yang bisa menyebabkan banyak lokasi untuk tikus bersembunyi.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago