SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita karier. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Surat lamaran kerja menjadi salah satu syarat wajib bagi pelamar pekerjaan dalam perusahaan atau lembaga/instansi tertentu.

Surat lamaran kerja ini merupakan salah satu aspek penting yang menjadi pertimbangan HRD dalam memutuskan penerimaan karyawan ataupun penolakan, hal ini dikarenakan surat lamaran kerja juga memiliki kelengkapan informasi berhubungan dengan syarat penerimaan pekerjaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum membuatnya berikut hal-hal yang harus dipersiapkan saat membuat surat lamaran kerja seperti dikutip dari rekerja.com, Senin (7/3/2022):

Baca Juga: Ini Peluang Usaha 2022 dengan Modal Kecil, Bisa Dicoba Nih!

Ekspedisi Mudik 2024

1. Pas Foto Terbaru

Salah satu berkas  yang wajib disiapkan adalah pas foto terbaru. Biasanya perusahaan memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam hal syarat pas foto yang mereka minta pada pelamar pekerjaan.

2. Fotokopi Kartu Identitas

Memang tak semua perusahaan memberikan syarat untuk melampirkan berkas kartu identitas, tapi tak ada salahnya Anda menyiapkan fotokopi kartu identitas sebagai salah satu dokumen lamaran pekerjaan.

3. Daftar Riwayat Hidup

Memasukkan daftar riwayat hidup juga perlu dalam lamaran kerja dan harus disisipkan setelah surat lamaran. Umumnya berkas ini berisikan biodata diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan berbagai prestasi lainnya.

4. Fotokopi SKCK

Persyaratan lamaran kerja selanjutnya ialah fotokopi SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang biasanya selalu diminta oleh perusahaan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan di tempat tersebut.

Baca Juga: Buruan! 3.084 Lowongan Kerja Ditawarkan di Job Fair Virtual Banyumas

5. Fotokopi Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat umumnya dibutuhkan saat pelamar kerja telah lulus tahap perekrutan, tapi tak ada salahnya jika Anda telah mempersiapkan dokumen tersebut dari awal.

6. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja

Bagi Anda yang sebelumnya telah memiliki pengalaman bekerja maka Anda bisa membuat surat pengalaman kerja. Perusahaan pasti lebih menerima calon pekerja yang telah memiliki pengalaman sebelumnya.

7. Fotokopi Kartu Pencari Kerja (AK-1)

Surat kuning atau biasa disebut Kartu AK-1 merupakan dokumen yang harus dimiliki oleh pelamar kerja terkhusus lagi pelamar kerja di bidang instansi pemerintahan. Kartu ini dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) untuk memastikan data kuantitas tenaga kerja di Indonesia.

8. Ijazah dan Transkrip Nilai

Setelah melampirkan riwayat pendidikan pada dokumen riwayat hidup, maka Kamu juga harus menyertakan ijazah dan transkrip nilai untuk mendukung legalitas informasi yang telah Anda tulis.

9. Fotokopi Sertifikat-Sertifikat Keterampilan

Sertifikat seminar, pelatihan, perlombaan, atau sertifikat-sertifikat lain yang sejenis seperti itu juga penting untuk lampiran lamaran kerja. Semakin banyak sertifikat yang Anda miliki dan Kamu lampirkan, tentu saja hal tersebut akan membuat Kamu memiliki nilai lebih bagi perusahaan tempat Anda melamar kerja.

Baca Juga: Lowongan Kerja Staf Pemasaran Ayam Panggang I AM IN LOVE

Berikut ini merupakan salah satu contoh surat lamaran kerja yang bisa untuk digunakan:

Surakarta, 7 Maret 2022

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD PT Melati Indah
Di Surakarta

Dengan Hormat

Sehubungan dengan informasi yang saya terima dari sosial media Whatsapp, PT Melati Indah telah membuka pendaftaran dan penerimaan tenaga kerja. Melalui surat ini saya bermaksud untuk mengajukan pendaftaran lamaran kerja untuk mengisi posisi Administrasi pada PT Melati Indah. Adapun data diri saya:

Nama : Mawar Bunga
Tempat, Tanggal Lahir : Surakarta, 2 Januari 1998
Pendidikan Terakhir : Universitas Setia Bangsa
Alamat : Cendana Indah Rt. 08/1, Surakarta
No. Handphone : 0811 – 222 – 345 – 727
E-mail : mawarbunga@gmail.com
Berikut saya lampirkan file sebagai syarat dan pertimbangan:
1. Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkip Nilai
2. Fotocopy KK dan KTP
3. Fotocopy Sertifikat Kompetensi dan Organisasi
4. CV
Dengan demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Mawar Indah



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya