top ear
Ilustrasi menyapu lantai rumah (freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi menyapu lantai rumah (freepik)

Jangan Asal Menyapu Lantai Rumah, Perhatikan Hal-Hal Ini

Namun sebenarnya, membersihkan rumah tak sekadar menyapu. Ada beberapa cara menyapu dengan benar agar tidak ada debu yang menempel di lantai.
Diterbitkan Sabtu, 27/02/2021 - 10:28 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Menjaga kebersihan rumah salah satunya dilakukan dengan menyapu lantai. Rutinitas ini akan membuat rumah Anda bersih dan nyaman dihuni bersama anggota keluarga.

Setiap orang bisa dengan mudah melakukan aktivitas ini. Namun sebenarnya, membersihkan rumah tak sekadar menyapu. Ada beberapa cara menyapu dengan benar agar tidak ada debu yang menempel di lantai. Untuk itu, ada tiga peralatan yang harus disiapkan, yakni sapu, pengki, dan tempat sampah.

Lalu bagaimana cara menyapu yang benar? Berikut ulasannya seperti dilansir Thespruce dan dikutip dari Liputan6.com.

Baca Juga: Milenial Wajib Tahu, Ini Tips Bisa Beli Rumah Di Usia Muda

Pertama, pilihlah sapu dengan benar. Cari sapu yang sesuai dengan jenis lantai. Lantai yang lebih halus bisa menggunakan sapu sintesis, sedangkan untuk lantai yang lebih kasar membutuhkan sapu serat alami agar sama efektifnya. Pilih sapu dengan ujung miring untuk dibersihkan di bawa lemari dan di ruang sempit. Pastikan sapu memiliki tinggi sesuai dengan Anda.

Kedua, temukan tempat awal. Saat menyapu ruangan, ada beberapa metode yang berbeda untuk dipertimbangkan. Beberapa orang suka metode menyapu, yaitu berjalan di sekeliling ruangan, menyapu dari tepinya menjadi tumpukan di tengah, dan lebih suka memulai dari satu ujung ruangan dan pindah ke ujung lainnya. Pilihlah metode dan titik awal yang paling sesuai untuk rumah Anda.

Pilih Metode yang Anda Suka

Ketiga, mulai menyapu ruangan. Setelah menemukan metode yang Anda suka, maka mulailah menyapu. Menyapu bukanlah gerakan yang sulit untuk dikuasai, tetapi untuk terus menerus menyentuh lantai tanpa menekan helai sapu ke lantai.

Mulailah dari bagian lantai yang jauh dengan perlahan ke arah tubuh Anda. Anda dapat menggunakan gerakan cepat pendek atau panjang untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Mau Beli Rumah, Ini Kisaran Harga Yang Bakal Laris

Keempat, tumpuk kotoran dengan benar. Selanjutnya, Anda ingin menyapu lantai pastikan kotoran menjadi tumpukan. Setelah semua kotoran masuk ke dalam tumpukan, arahkan sapu ke tumpukan kotoran tersebut lalu masukan ke dalam pengki dan taruh di tempat sampah. Berhati-hatilah agar tidak membuang kotoran terlalu cepat, karena dapat menyebabkan debu dan kotoran kembali mengepul ke wajah Anda.

Kelima, singkirkan alat menyapu. Setelah selesai menyapu lantai, singkirkan semua perlengkapan menyapu Anda dan pastikan untuk membersihkan sapu sesuai kebutuhan. Gantungkan sapu Anda agar bulunya tidak bengkok atau rusak, atau taruh sapu dalam posisi terbalik untuk disimpan. Hindari membasahi sapu karena dapat merusak sapu.


Editor : Profile Ivan Indrakesuma
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya