SOLOPOS.COM - Putra Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra meluapkan kegembiraan seusai menerima medali memenangi pertandingan beladiri Taekwondo Kelas Super Kadet Pemula, Piala Wali Kota Solo 2022 di Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (28/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Putra sulung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Jan Ethes Srinarendra, melanjutkan jenjang pendidikan SD di sekolah yang sama dengan TK-nya, yakni Focus Independent School, Solo. Cucu Presiden Jokowi tersebut senang punya lebih banyak teman.

Hal itu diungkapkan ibunda Ethes yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Solo Selvi Ananda ketika ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (26/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sekolahnya sama di Focus Independent namun beda gedung,” kata Selvi. Ia mengatakan kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah dimulai dan Jan Ethes menikmati rutinitasnya di sekolah jenjang SD tersebut.

“Dia bilang seneng banget karena temannya lebih banyak lagi. Dia bilang sekolahnya lama tapi aku [Ethes] seneng karena temannya banyak,” tutur Selvi menirukan perkataan Ethes.

Berdasarkan laman resmi Focus Independent School, sekolah tersebut didirikan pada 2002. Semula sekolah ini bernama Palm Kids. Palm Kids berpusat di Palembang dan merupakan sekolah yang menggunakan sistem waralaba.

Baca Juga: Kawal Selvi, Jan Ethes Sedot Perhatian Pengunjung Taman Balekambang

Palm Kids memiliki sembilan cabang pada waktu itu, yaitu di Lampung, Palembang, Lubuk Linggau, Jambi, Riau, Malang, Jakarta, Jogja, dan Solo. Lokasi Sekolah Palm Kids awalnya di Jl Dokter Sutomo No 48, Solo.

Cambridge Association School

Seiring bertambahnya jumlah murid, Sekolah Palm Kids menambah satu lokasi lagi di Jl RM Said untuk Primary. Palm Kids Solo memutuskan tidak bergabung dengan Palm Kids dan berdiri sendiri dengan nama Focus Independent School (FIS) pada 2007.

Lokasinya menempati gedung baru di Jl KS Tubun No 27-29, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Sejak itu, sekolah Jan Ethes di jenjang TK dan SD itu bergabung dengan Fieldwork Education yang berkedudukan di London, Inggris.

Baca Juga: Tak Bisa Diam di Panggung, Jan Ethes Ternyata Lagi Senang Menari Ini

Fieldwork Education memiliki tiga kurikulum, yaitu International Early Years Curriculum (IEYC), International Primary Curriculum (IPC), dan International Middle Years Curriculum (IMYC).

Selanjutnya, FIS bergabung dengan Cambridge Association School dan menggunakan Curriculum Cambridge pada 2018. Adapun saat berdiri jumlah muridnya hanya 48 anak. Murid-murid ini berasal dari level Toddler dan Nursery.

Seiring berkembangnya sekolah dan keinginan orang tua murid, FIS melanjutkan ke jenjang TK, SD hingga SMP. Sekolah tersebut mengusung slogan Leader of Tomorrow yang memacu semangat guru-guru untuk mempersiapkan murid-murid supaya menjadi pemimpin di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya