SOLOPOS.COM - Infografis Jamu (Solopos/Whisnupaksa K)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jamu merupakan ramuan tradisional warisan leluhur yang memiliki beragam khasiat dalam meningkatkan kebugaran, imunitas dan menangkal penyakit. Peringatan Hari Jamu Nasional ke-14 pada 27 Mei 2022 menjadi momentum untuk mengangkat eksistensi jamu sebagai warisan asli budaya Indonesia.

Di Sukoharjo, terdapat industri jamu mulai dari skala kecil, menengah hingga perusahaan besar di wilayah Kecamatan Nguter. Tak sedikit pula perajin jamu yang merantau ke daerah lain seperti Jakarta, Bandung, hingga Makasar. Mereka menjajakan racikan jamu dengan cara digendong.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kemajuan teknologi mendorong bisnis jamu berkembang pesat dengan mempermudah pelanggan mendapatkan produk jamu dengan memesan online. “Kami memasarkan produk jamu melalui beragam platform media sosial. Sekarang, para pelanggan dari luar daerah membeli produk jamu secara online. Produk jamu yang dipesan dikirim langsung ke alamat pelanggan,” ujar salah seorang pedagang jamu di Pasar Jamu Nguter, Sutinah, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (25/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Guna memikat kaum milenial atau generasi muda, ada pula kafe jamu yang menyediakan belasan varian rasa jamu serba kekinian. Kafe jamu terletak di bagian depan Pasar Jamu Nguter Sukoharjo yang diresmikan pada 2019.

“Racikan jamu dikombinasikan dengan susu, gula merah dan buah-buahan. Ada juga yang dicampur cokelat sehingga jamu berubah menjadi minuman kekinian,” kata seorang pengelola kafe jamu sekaligus Ketua Koperasi Jamu Indonesia (Kojai) Sukoharjo, Suwarsi Moertedjo.

Baca juga: Mantap, Minum Jamu Jadi Lifestyle Kekinian di Sukoharjo

Ya, industri jamu harus mengikuti perkembangan zaman agar tetap eksis di era modern. Industri jamu dituntut lebih inovatif dan adaptif dalam melakukan transformasi produk, promosi serta pemasaran.

Berikut infografis periodesasi dokumentasi jamu hingga tetap eksis di zaman modern ini:

 

Infografis Jamu (Solopos/Whisnupaksa K)
Infografis: Whisnupaksa K

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya