SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). (JIBI/Solopos/Antara/Dewi Fajriani)

Jaminan Kesehatan Nasional terus meningkatkan pelayanan.

Harianjogja.com, JOGJA–Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KSI) semakin dimudahkan dalam membayar iuran karena saat ini bisa dilakukan melalui ponsel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : JAMINAN KESEHATAN NASIONAL : Layanan ODHA Terkendala Kartu Identitas Kependudukan)

PT XL Axiata Tbk (XL) menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan layanan pembayaran iuran kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui XL Tunai. Layanan ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat mulai 24 Mei 2016.

VP-Digital Services Business XL Rafael Jeffry A Sani mengatakan, melalui e-money XL Tunai, XL ingin ikut serta memberikan kemudahan kepada pelanggan dan masyarakat yang memerlukan sarana pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

“Karena layanan XL Tunai bisa diakses melalui ponsel, maka pelanggan menjadi semakin mudah jika membayar iuran BPJS. Pembayaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sebelum jatuh tempo,” kata dia dalam rilisnya, Jumat (10/6/2016).

Cara pembayaran BPJS Kesehatan melalui XL Tunai sangat mudah. Bagi pelanggan yang sudah memiliki akun XL Tunai, langsung akses ke *123*120#. Pada menu pembayaran nomor tiga, pilih menu Asuransi & BPJS Kesehatan nomor enam, selanjutnya isi dengan nomor Kartu BPJS. Lalu pilih jumlah bulan pembayaran dan konfirmasi dengan PIN XL Tunai. Untuk setiap transaksi yang sukses, akan ada SMS notifikasi dari 120 sebagai bukti pembayaran.

XL Tunai adalah suatu layanan uang elektronik dari XL yang memungkinkan pelanggan XL melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan ponsel. Jenis transaksi yang bisa digunakan adalah beli pulsa XL, bayar tagihan, belanja di toko, belanja online, serta kirim uang dalam negeri dan luar negeri yang semuanya dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

“Dengan XL Tunai, pengguna bebas bertransaksi dengan mudah tanpa menggunakan uang tunai. Manfaatkan pengalaman bertransaksi jadi lebih mudah dan aman dengan menggunakan XL Tunai,” kata dia.

Saat ini, XL Tunai bisa digunakan di kurang lebih 202 merchant dan 20.000 lebih lokasi isi dan tarik saldo di Indomaret, Alfamart, dan XL Centre . Di antara merchant tersebut masuk dalam kategori layanan publik. XL Tunai juga bisa untuk membayar tagihan langganan PDAM di beberapa kota dan tagihan listrik PLN. XL juga telah bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah untuk menyediakan sarana pembayaran bagi sejumlah layanan publik. Layanan itu adalah pembayaran PBB di Jogja dan pajak kendaraan bermotor di Nusa Tenggara Barat.

XL menyediakan layanan XL Tunai sejak 2012. Sejak itu, sampai saat ini XL Tunai digunakan secara aktif oleh tidak kurang dari 1,7 juta pelanggan, yang tersebar di hampir semua wilayah layanan XL. Sebagian besar pelanggan menggunakan XL Tunai untuk jenis transaksi kirim uang dan pembayaran tagihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya