SOLOPOS.COM - Aparat kepolisian berpatroli keliling di objek wisata Batu Seribu, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Kamis (5/5/2022). (Istimewa/Humas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Aparat kepolisian dari Polres Sukoharjo mengintensifkan patroli keliling dengan sasaran objek wisata saat libur Lebaran 2022. Hal ini dilakukan guna menjamin keamanan saat masyarakat berekreasi bersama anggota keluarga di objek-objek wisata.

Libur panjang perayaan Lebaran diiringi dengan melonjaknya jumlah pengunjung di sejumlah objek wisata di Sukoharjo. Para perantau atau kaum boro yang pulang ke kampung halaman ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mengunjungi objek wisata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka bakal menyerbu objek wisata maupun pusat perbelanjaan di kawasan Solo Baru. Guna menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat, aparat Polri disebar di sejumlah objek wisata. Mereka melakukan patroli keliling setiap hari selama libur Lebaran.

“Kami ingin menjaga keamanan khususnya di objek-objek wisata di Sukoharjo. Patroli keliling bakal diintensifkan untuk memberikan rasa aman dan nyawan pengunjung di objek wisata,” kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Banyak Spot Foto Menarik, Embung Pengantin Sukoharjo Diserbu Wisatawan

Selain objek wisata, patroli keliling juga digencarkan di pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru. Selama ini, pusat perbelanjaan dan mal di Solo Baru menjadi lokasi favorit masyarakat yang ingin menikmati masa libur Lebaran bersama keluarga maupun sanak famili.

Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam saat mengunjungi pusat perbelanjaan dan mal di Solo Baru. Kapolres menyebut saat mengunjungi objek wisata dan pusat perbelanjaan, polisi juga mengingatkan para pengunjung agar menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Jangan euforia setelah kasus Covid-19 menurun. Potensi transmisi penularan virus masih ada sehingga masyarakat jangan abai menjalankan protokol kesehatan. Kunci pengendalian pandemi adalah menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar dia.

Baca Juga: View-nya Ciamik, Gunung Gajah Mungkur bakal Jadi Ikon Wisata Sukoharjo

Hingga H+3 Lebaran, tidak ada kejadian menonjol berupa aksi kriminal maupun konflik sosial yang bersinggungan dengan masyarakat. Arus lalu lintas menjelang Lebaran menjadi pusat perhatian kepolisian terutama di sekitar Bundaran Kartasura. Petugas langsung mengurai kemacetan arus lalu lintas saat terjadi penumpukan kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, menyatakan masa cuti bersama berakhir pada akhir pekan. Dia memperkirakan para perantau mulai kembali ke daerah perantauan secara bergelombang hingga akhir pekan.

Hal ini terpantau dengan meningkatkan kendaraan bermotor yang keluar dari Sukoharjo baik melewati Bundaran Kartasura maupun simpang empat Bulakrejo. “Sebagian besar perantau masih di tanah kelahiran karena masa cuti bersama masih tiga hari lagi. Kemungkinan, mereka kembali ke daerah perantauan pada Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022),” kata dia.

Baca Juga: Cari Tempat Arisan Trah & Halalbihalal di Sukoharjo? Cek Lokasi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya