SOLOPOS.COM - Suasana penanaman jambu madu adib Desa Gembyungan, Kecamatan Randublatung, Blora. (Blorakabgoid)

Solopos.com, BLORA -- Pemerintah Desa Gembyungan, Kecamatan Randublatung, Blora melaksanakan pencanangan penanaman pohon jambu madu adib sebagai rintisan desa agrowisata buah.

Mengutip Blorakab.go.id, Selasa (13/4/2021), acara dilaksanakan di kawasan Embung Tirto Jenggolo desa setempat dengan dihadiri Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati. Ada pula perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Camat Randublatung dan jajaran Forkopimcam setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kades Gembyungan, Gufelul Khoadib, menyampaikan jumlah pohon jambu yang ditanam kali ini berjumlah 2.750 bibit. “Kami ingin memberikan nilai tambah ekonomi desa dengan mencanangkan penanaman buah jambu sebagai desa wisata agro. Kali ini kami tanam sebanyak 2.750 bibit pohon jambu madu adib di kawasan Embung Tirto Jenggolo,” ungkap Gufelul Khoadib.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Kedung Sambi Klopoduwur Layak Jadi Wisata Baru Kabupaten Blora

Kades menerangkan 2.750 bibit pohon jambu diperoleh berkat kerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, serta SMK Muhammadiyah 1 Randublatung. “Dari Dana Desa [APBDes] disediakan 2.000 bibit jambu, kemudian dari Dinas Pertanian sebanyak 400 bibit dan SMK Muhammadiyah 1 Randublatung sebanyak 350 bibit. Ke depan Gembyungan semoga bisa menjadi desa wisata sentra buah jambu di Kabupaten Blora,” jelas Gufelul Khoadib.

Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas inisiatif Pemdes Gembyungan untuk merintis desa wisata agro. “Kami sangat mengapresiasi gagasan Desa Gembyungan untuk merintis penanaman pohon jambu ini. Apalagi ini dilakukan untuk menumbuhkan potensi perdesaan di tengah pandemi Covid-19,” kata Tri Yuli Setyowati.

Pihaknya mengaku siap mendukung dan meminta Dinas Pertanian untuk selalu mengawal agar ke depan tanaman jambu yang sudah ditanam. “Jangan sampai setelah ditanam lalu dibiarkan begitu saja. Harus ada perawatan,” tegasnya.

Baca Juga : Mapolres Blora Hilangkan Kesan Seram Bermodal Kerajinan Kayu Dan Bonsai

Wakil Bupati juga meminta agar Dinas Porabudpar bisa mulai membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Desa Gembyungan. Hal ini agar masyarakatnya juga siap jika nanti perkebunan jambu ini mulai menghasilkan buah dan terbuka menjadi desa agrowisata.

Wakil Bupati melakukan penanaman secara simbolis bibit jambu madu adib di planter bag yang ditempatkan di kawasan embung, didampingi camat dan para tamu undangan. Bibit jambu tidak hanya ditanam di kawasan embung, namun juga di sejumlah pekarangan rumah warga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya