Jambu Madu Adib Jadi Rintisan Agrowisata Desa Gembyungan Kabupaten Blora
Solopos.com|jateng

Jambu Madu Adib Jadi Rintisan Agrowisata Desa Gembyungan Kabupaten Blora

Pemerintah Desa Gembyungan, Kecamatan Randublatung, Blora, melaksanakan pencanangan penanaman pohon jambu madu adib secara massal.

Solopos.com, BLORA -- Pemerintah Desa Gembyungan, Kecamatan Randublatung, Blora melaksanakan pencanangan penanaman pohon jambu madu adib sebagai rintisan desa agrowisata buah.

Mengutip Blorakab.go.id, Selasa (13/4/2021), acara dilaksanakan di kawasan Embung Tirto Jenggolo desa setempat dengan dihadiri Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati. Ada pula perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Camat Randublatung dan jajaran Forkopimcam setempat.

Kades Gembyungan, Gufelul Khoadib, menyampaikan jumlah pohon jambu yang ditanam kali ini berjumlah 2.750 bibit. “Kami ingin memberikan nilai tambah ekonomi desa dengan mencanangkan penanaman buah jambu sebagai desa wisata agro. Kali ini kami tanam sebanyak 2.750 bibit pohon jambu madu adib di kawasan Embung Tirto Jenggolo,” ungkap Gufelul Khoadib.

Baca Juga : Kedung Sambi Klopoduwur Layak Jadi Wisata Baru Kabupaten Blora

Kades menerangkan 2.750 bibit pohon jambu diperoleh berkat kerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, serta SMK Muhammadiyah 1 Randublatung. “Dari Dana Desa [APBDes] disediakan 2.000 bibit jambu, kemudian dari Dinas Pertanian sebanyak 400 bibit dan SMK Muhammadiyah 1 Randublatung sebanyak 350 bibit. Ke depan Gembyungan semoga bisa menjadi desa wisata sentra buah jambu di Kabupaten Blora,” jelas Gufelul Khoadib.

Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas inisiatif Pemdes Gembyungan untuk merintis desa wisata agro. “Kami sangat mengapresiasi gagasan Desa Gembyungan untuk merintis penanaman pohon jambu ini. Apalagi ini dilakukan untuk menumbuhkan potensi perdesaan di tengah pandemi Covid-19,” kata Tri Yuli Setyowati.

Pihaknya mengaku siap mendukung dan meminta Dinas Pertanian untuk selalu mengawal agar ke depan tanaman jambu yang sudah ditanam. “Jangan sampai setelah ditanam lalu dibiarkan begitu saja. Harus ada perawatan,” tegasnya.

Baca Juga : Mapolres Blora Hilangkan Kesan Seram Bermodal Kerajinan Kayu Dan Bonsai

Wakil Bupati juga meminta agar Dinas Porabudpar bisa mulai membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Desa Gembyungan. Hal ini agar masyarakatnya juga siap jika nanti perkebunan jambu ini mulai menghasilkan buah dan terbuka menjadi desa agrowisata.

Wakil Bupati melakukan penanaman secara simbolis bibit jambu madu adib di planter bag yang ditempatkan di kawasan embung, didampingi camat dan para tamu undangan. Bibit jambu tidak hanya ditanam di kawasan embung, namun juga di sejumlah pekarangan rumah warga.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago