SOLOPOS.COM - Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho saat diwawancarai wartawan seusai rapat pleno MWA untuk memilih rektor baru UNS periode 2023-2028 di Gedung dr Prakosa kompleks UNS Solo, Jumat (11/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Rektor Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo, Jamal Wiwoho, mengucapkan selamat kepada Prof Dr rer nat Sajidan yang terpilih sebagai pengganti dirinya untuk periode 2023-2028. Ia juga mengapresiasi seluruh civitas academica UNS yang terus mengawal pemilihan Rektor dari awal hingga selesai.

Prof Sajidan terpilih sebagai Rektor UNS periode 2023-2028 sesuai hasil voting dalam rapat pleno tertutup Majelis Wali Amanat (MWA) di Gedung dr Prakosa UNS, Jumat (11/11/2022) pagi. Rapat dipimpin Ketua MWA UNS yang juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Marsekal Hadi Tjahjanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemungutan suara atau voting dilakukan setelah musyawarah tidak menemui hasil. Dalam pemungutan suara tersebut, Sajidan mendapatkan total 12 suara. Disusul kemudian oleh Prof Dr Hartono yang memperoleh 11 suara dan Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi yang mendapatkan dua suara.

Jamal Wiwoho menyebut pemilihan Rektor melalui pemungutan suara sudah berjalan adil dan sudah disetujui oleh seluruh anggota MWA UNS Solo. Jamal yang juga bagian dari MWA mengatakan di MWA ada 17 anggota dan dari 17 orang itu Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) mempunyai porsi 35 persen atau sembilan suara.

Sehingga total jumlah suara menjadi 25. “Sudah dihitung dan Prof Sajidan mendapatkan 12 suara, Prof Hartono 11 suara dan Prof I Gusti Ayu dua suara. Semua anggota MWA menandatangani berita acara pemilihan tersebut,” ujar Jamal saat ditemui wartawan pada Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Unggul Tipis, Prof Sajidan Terpilih Jadi Rektor UNS Solo 2023-2028

Sajidan Unggul sejak Awal Pemilihan Rektor UNS

Guru Besar Ilmu Hukum UNS ini mengucapkan selamat atas terpilihnya Sajidan sebagai rektor baru. Ia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh elemen UNS yang terus mengawal pemilihan rektor tersebut.

“Saya selaku Rektor UNS periode 2019-2023, menyatakan selamat kepada Prof Sajidan yang mengungguli dua calon lainnya. Terima kasih kepada civitas UNS yang bersama-sama mengikuti, memperhatikan dan seluruhnya dalam pemilihan Rektor UNS Solo ini dengan kondisi yang baik,” jelas pria asal Magelang tersebut.

Jamal juga mengajak semua elemen di UNS memberikan dukungan kepada Sajidan setelah pelantikan pada April 2023 nanti agar bisa memajukan UNS dan menjadikan UNS lebih baik.

Baca Juga: Prof Sajidan Terpilih melalui Voting, Begini Jalannya Pemilihan Rektor UNS Solo

Jamal menambahkan terpilihnya Sajidan sudah sangat tepat dan sesuai harapan, mengingat Sajidan sudah unggul sejak penyaringan atau pemilihan tahap pertama.

“Di tahap penyaringan Prof Sajidan sudah unggul waktu itu dengan delapan suara, Prof Ayu empat suara dan Prof Hartono tiga suara, artinya kalau melihat dari tahap penyaringan hasilnya ini sudah sesuai dengan harapan yang ada,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya