SOLOPOS.COM - Jalur Pantura pada 2008. (Wikimedia)

Solopos.com, SOLO — Jalur pantai utara Jawa (pantura) bakal sibuk mulai akhir bulan ini. Jalan utama di Pulau Jawa itu akan menjadi rute mudik Lebaran 2022 dari DKI Jakarta dan Jawa Barat menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kondisi fisik jalan hingga aspek sosial Jalur Pantura memiliki tempat tersendiri dalam memori kolektif masyarakat Jawa. Jalur ini lebih tua dibandingkan Jalan Daendels yang dibangun pada masa Hindia Belanda karena telah ada sejak  zaman Mataram Islam. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Sejarah Jalur Pantura Jawa, Ada Sejak Mataram Islam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu isu krusial di balik kontroversi mafia produksi dan distribusi minyak goreng adalah penguasaan sumber daya oleh hanya sedikit pemain besar. Kondisi itu tujuh bulan terakhir mengakibatkan kelangkaan  dan kenaikan harga minyak goreng signifikan.

Ekspedisi Mudik 2024

Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto meminta Kejaksaan Agung tidak tebang pilih dalam  membongkar dan memberantas mafia minyak goreng. Siapa saja yang terlibat, bahkan di level menteri sekalipun, harus ditindak dan diproses hukum.

Produksi dan distribusi minyak goreng di Indonesia dikuasai oleh delapan kelompok usaha. Mereka mengelola unit-unit usaha dari hulu hingga hilir dan menguasai 70% pasar minyak goreng di Indonesia. Duduk perkara bisa dibapahami di Sedikit Pemain Besar Kuasai Sumber Daya Industri Minyak Goreng.

Letusan Gunung Kelud pada kurun waktu 1380 – 1420 Masehi diduga menjadi salah satu penyebab keruntuhan Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang berpusat di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur itu hanya berjarak 40 kilometer di sebelah utara dari Gunung Kelud. Hal itu didasarkan pada ketebalan abu vulkanik yang mengubur candi peninggalan Kerajaan Majapahit.

Selain di Mojokerto, candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit juga tersebar di Blitar dan Kediri. Candi-candi itu berada di wilayah yang telah tertimbun material vulkanik, baik berupa endapan jatuhan piroklastika, aliran piroklastika, maupun endapan lahar. Cerita lengkap bisa dibaca di Letusan Gunung Kelud Diduga Runtuhkan Kerajaan Majapahit.

Kekerasan seksual berbasis gender secara online (KBGO) makin marak dan sistematis. Predator seksual secara online menargetkan secara sistematis perempuan tertentu untuk objek pelecehan seksual. Tentu makin meresahkan. Terutama di kalangan perempuan yang menjadi mayoritas korban di tengah masyarakat patriarki.

Data yang masuk ke Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menjelaskan ada 1.721 pengaduan kasus kekerasan berbasis gender di dunia maya pada 2021. Kasus sebanyak itu meningkat 83% dibandingkan dengan yang dilaporkan pada 2020. Penjelasan terperinci tersaji di Kekerasan Seksual Online Makin Marak, Tantangan Penerapan UU TPKS.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya