SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Bakharuddun Muhammad Syah, didampingi Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah, meninjau ruas tol Solo-Kertosono, Minggu (9/4/2017). (Istimewa/Dokumentasi Satlantas Polres Karanganyar)

Jalur mudik Lebaran 2017, tol Solo-Ngawi dilengkapi rest area dan mobil penyedia bahan bakar keliling.

Solopos.com, KARANGANYAR — PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyiapkan rest area dan mobil bahan bakar minyak (BBM) keliling di tol Solo-Ngawi selama arus mudik dan balik Lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka akan menempatkan rest area mulai dari nol kilometer hingga kilometer 65. Pemudik yang melintas di jalan tol dapat mengakses rest area setiap 10 kilometer.

Rest area memiliki fasilitas kamar mandi portable, tenda yang berfungsi sebagai musala, dan tempat parkir. General Manager (GM) Teknik PT SNJ, Aryo Gunanto, menyampaikan rest area tidak dibuat mewah karena hanya untuk memudahkan dan memfasilitasi pemudik. (Baca juga: Sragen-Ngawi Belum Sepakat soal Exit Tol Soker)

Rest area sementara. Jangan dibayangkan rest area seperti di tol yang sudah jadi. Rest area sederhana. Ada kamar mandi portable, tenda sebagai musala, dan tempat parkir. Rest area nanti disiapkan setiap 10 kilometer,” kata Aryo saat ditemui wartawan, Rabu (7/6/2017).

Selain menyiapkan rest area, mereka juga menyiapkan kios bahan bakar minyak (BBM) di sta 26 Klodran, Colomadu. Selain kios BBM, mereka juga menyiapkan lima unit mobil. Mobil itu akan berpatroli mulai dari pintu tol Ngasem hingga Ngawi. Aryo menuturkan setiap mobil akan dibekali BBM.

“Kami siapkan lima mobil. Itu untuk patroli di sepanjang jalan tol dari Solo sampai Ngawi. Setiap mobil, kami bekali 20 liter BBM. Keberadaan mobil itu untuk mengantisipasi pengendara yang mogok di jalan tol,” ujar dia.

Selain bertugas memastikan tidak ada pemudik yang mogok, mobil patroli akan menyisir pengendara saat pintu tol ditutup. Jalan tol Solo-Ngawi beroperasi mulai pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Aryo menegaskan pintu tol akan ditutup pukul 17.00 WIB.

“Lebih satu menit pun enggak boleh lewat. Pertimbangan keamanan dan keselamatan pemudik. Tugas mobil patroli ini menyisir kendaraan setelah pintu tol ditutup.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya