SOLOPOS.COM - Salah satu titik sambungan tol Soker di underpass Mangu, Ngemplak, mulai terhubung, Senin (5/6/2017). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Jalur mudik Lebaran 2017, pekerja terus mengebut penyelesaian empat sambungan tol Soker sebelum arus mudik Lebaran.

Solopos.com, BOYOLALI — Empat titik sambungan tol Solo-Kertosono (Soker) di wilayah Ngemplak dan Banyudono, Boyolali, terus dikebut oleh para pekerja. Empat sambungan itu yakni terowongan Donohudan, underpass Mangu, overpass Ngesrep, serta jembatan Denggungan, Banyudono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, Senin (5/6/2017), empat lokasi proyek itu rata-rata sudah nyaris tersambung dengan rabat cor sementara dan sebagian cor permanen. Untuk rabat cor sementara dilakukan di lokasi underpass Mangu, overpass Ngserep, serta jembatan Denggungan. (Baca juga: Persiapan Pintu Tol Soker Klodran dan Ngasem Belum Final)

Ekspedisi Mudik 2024

Terowongan Desa Donohudan sudah dicor permanen dan tebal. Pengecoran sementara itu dilakukan semata-mata hanya untuk perlintasan kendaraan arus mudik dan arus balik. Setelah momentum Lebaran berlalu, cor sementara itu akan kembali dibongkar.

Kepala Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Soker, Jawa Tengah, Bedru Cahyono, mengatakan usia jalur sementara itu paling lama tiga pekan. Setelah Lebaran usai, jalan itu akan kembali dibongkar.

“Karena hanya jalan sementara, ketebalan cor hanya dibuat sekitar tujuh sentimeter,” jelasnya.

Di sisi lain, jalan itu ditaksir tetap kuat mengingat kendaraan yang diperbolehkan melintasi tol Soker selama Lebaran hanya kendaraan pribadi. Selain itu, waktu operasional tol Soker hanya pagi hingga sore waktu Magrib.

“Demi keselamatan pengendara, malam hari tol ditutup karena penerangan jalan belum siap,” terangnya.

Bedru memastikan pintu masuk tol Soker dari Ngasem telah siap dilalui pemudik sepekan menjelang Lebaran. Begitu pun di sejumlah sambungan tol juga telah siap dilintasi pemudik.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, median jalan di jalan Solo-Semarang tepat di depan pintu masuk tol Soker wilayah Ngasem akan dibongkar. Pembongkaran itu untuk memudahkan para pemudik dari arah Jogja yang akan masuk tol melalui pintu masuk Ngasem. Selama ini, median jalan itu masih tersambung panjang hingga mendekati pertigaan Bangak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya