SOLOPOS.COM - Pemandangan jalur kereta melingkar di Gurun Taklimakan. (Foto: news.cn)

Solopos.com, XINJIANG – China akhirnya selesai membangun rel kereta melingkar gurun terbesar di negaranya, Taklimakan. Jalur kereta api sepanjang 825 km menghubungkan Hotan-Ruoqiang itu dinyatakan rampung, Senin (15/11/2021).

Menurut penelusuran Solopos.com, Gurun Taklimakan merupakan gurun terbesar di Tiongkok. Gurun itu terletak di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, Tiongkok Barat Laut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: 5 Kisah Salah Injak Gas dan Jawaban Pedal Misoperation Control

Sebelumnya, butuh 10 jam perjalanan mobil untuk menempuh jarak tersebut. Setelah pengoperasian kereta, waktu tempuh disebut jauh lebih cepat. Selain itu, pembangunan jalur kereta tersebut membuka misi membantu mempercepat pembangunan ekonomi dan pengembangan sumber daya mineral di sepanjang rute.

Pembangunan jalur kereta api laying itu dimulai pada Desember 2018. Pembangunan merupakan proyek perkeretaapian nasional yang menghubungkan Kota Hotan, Prektur Hotan dan Rouqiang, Prefektur Otonomi Mongolia Bayingolin.

Baca Juga: Uji Taksi Terbang di Bali: Bos Prestige Telah Umumkan Tanggalnya

“Jalur kereta api ini melintasi tepi selatan Gurun Taklimakan. Badai pasir merupakan ancaman serius bagi konstruksi dan operasi kereta api karena relnya dapat terkubur,” kata Kepala Perancang Kereta Api Hotan-Ruoqiang, Yang Baorong sebagaimana dikutip dari News.cn, Selasa (16/11/2021).

Ketua Xinjiang Hotan-Ruoqiang Railway, Wang Jonzhoung mengatakan pembangunan rel kereta ini dilakukan bersama program anti pergurunan. Program yang baru pertama dilakukan di China itu juga memasang 50 juta meter persegi rumput dan 13 juta bibit tanaman.

Baca Juga: Setelah Coba Sirkuit Mandalika, Jokowi Pasang Emotikon Menyeringai

Penanaman tumbuhan itu dilakukan untuk mengatasi ancaman badai pasir paling besar. Jalur kereta api Hotan-Ruoqiang menurut rencana dibuka Juni 2022.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, foto-foto jalur kereta ini menunjukkan sebagian rel melayang di atas gurun. Sebagian rel berada di atas tanggul yang telah dibuat.

Baca Juga: Waduh! Belum Setahun, 8 Orang Meninggal di Perlintasan Kereta Api

Berbagai media menyiarkan sejumlah foto yang menggambarkan hamparan luas gurun. Aerial foto serta detail foto para pekerja memasang rel dipublikasikan untuk menggambarkan panjangnya jalur kereta tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya