top ear
Kondisi Jl. Tawangmangu - Magetan, yang tertutup material longsor sekitar 60 persen Kamis (28/1/2021). (Istimewa/ Pemcam Tawangmangu)
  • SOLOPOS.COM
    Kondisi Jl. Tawangmangu - Magetan, yang tertutup material longsor sekitar 60 persen Kamis (28/1/2021). (Istimewa/ Pemcam Tawangmangu)

Jalan Tawangmangu-Magetan Tertutup Longsor

Tebing di jalan Tawangmangu-Magetan, Karanganyar longsor. Material longsor menutupi sebagian besar badan jalan.
Diterbitkan Kamis, 28/01/2021 - 13:49 WIB
oleh Solopos.com/Candra Mantovani
2 menit baca

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tanah longsor terjadi di jalan Tawangmangu-Magetan tepatnya di Desa Blumbang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Material longsor menutuhi sebagian besar badan jalan tersebut pada Kamis (28/1/2021) pagi.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, mengatakan untuk memulihkan jalur yang tertutup longsoran tanah beberapa unsur sudah bekerja di lokasi. Dia mengatakan pembersihan jalan dari material longsor dilakukan oleh petugas Damkar, BPBD, Perhutani, sukarelawan, dan Forkopimcam Tawangmangu, Bina Marga, dan ESDM Jateng. Saat ini kondisi jalan sudah hampir pulih sekitar 70%.

Baca Juga: Dinkes Karanganyar Jajaki Rumah Sakit Jadi RS Khusus Covid-19

"Tadi separuh badan jalan tertutup longsoran tanah. Kami mengerahkan dua alat berat untuk menyingkirkannya dan membuka arus. Nanti saya pastikan lagi semua sudah berjalan normal," beber dia kepada Solopos.com.

Sundoro menjelaskan di lokasi yang sama pernah terjadi longsor sebelumnya, yakni 2019. Saat itu longsor memakan korban.Untuk mengantisipasi munculnya kembali korban longsor , BPBD Karanganyar akan berkoordinasi dengan Dinas ESDM Jateng dan Bina Marga Jateng. Ini  lantaran jalan tersebut masuk wewenang Pemprov Jateng.

"Nanti ada kajian mitigasi bencana dulu. Ini kan kewenangan kewenangan provinsi. Kami akan lapor ke Gubernur dulu terkait ini," imbuh dia.

Baca Juga: WHO Sarankan Pasien Covid-19 yang Isoman Wajib Punya Oximeter, Apa Itu?

Selain itu, BPBD Karanganyar memasang rambu peringatan rawan bencana agar pengendara dapat berhati-hati melintasi jalan tersebut. Sebagai informasi, di Tawangmanguterdapat dua wilayah yang rawan longsor. Masing-masing berada di Jatiyoso dan Ngargoyoso.


Editor : Profile Kaled Hasby Ashshidiqy
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya