SOLOPOS.COM - Kondisi jalan berlubang dengan genangan air di Jl. Solo-Purwodadi, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Minggu (27/2/2022). Pengendara harus berhati-hati karena jalan berlubang tertutup genangan air saat hujan. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Kondisi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Kecamatan Sumberlawang, Sragen, rusak parah.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa (1/3/2022), jalan rusak bisa ditemui di sekitar Terminal Sumberlawang sampai wilayah berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Ada sejumlah jalan rusak di beberapa lokasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa titik jalan rusak dan berlubang cukup lebar serta dalam berlokasi di dekat Kantor Desa Mojopuro, Sumberlawang. Pengguna kendaraan yang melintas berusaha menghindari lubang yang digenangi air tersebut.

Baca Juga: Setelah Tarik Ulur, Jalan Warung Ayu-Kragilan Sragen Akhirnya Dibangun

Jalan rusak juga tampak di sekitar Kantor Desa Kacangan, Sumberlawang. Sejumlah truk penuh muatan harus berjalan pelan melintasi jalan yang rusak. Jalan rusak menghambat kelancaran arus lalu lintas dan membahayakan pengguna jalan.

Salah satu pedagang es kelapa muda di Desa Kacangan, Syukur, 43, menjelaskan jalan rusak sejak dua tahun lalu. Sempat beberapa kali ada penambalan, namun jalan kembali rusak.

Syukur mengatakan pernah ada beberapa truk yang mengalami masalah pada roda akibat jalan rusak. Truk yang terjebak jalan berlubang membuat jalan macet.

Baca Juga: Ini Sejumlah Ruas Jalan yang akan Diperbaiki DPUPR Sragen

SAlah seorang warga Desa Kacangan, Dadimen, 66, mengatakan jalan rusak membuat kendaraan cepat rusak. Ban kendaraan juga jadi rawan meletus. Dia berharap jalan rusak ini diperbaiki secara menyeluruh, tidak sekadar ditambal ala kadarnya.

“Seharusnya jalan diperlebar lalu diberikan trotoar bagi para pejalan kaki. Kondisi jalan rusak berbahaya bagi para pejalan kaki,” jelasnya.

Camat Sumberlawang, Endang Widayanti, mengatakan jalan Solo-Purwodadi merupakan jalan Provinsi Jawa Tengah sehingga kewenangannya ada di sana.

Baca Juga: Wong Sragen Tagih Janji Pemkab Soal Alus Dalane Gampang Sandang Pangane

Anggota Komisi D DPRD Jateng, Untung Wibowo Sukowati, pernah menyatakan dianggarkan dana Rp20 miliar pada 2023 untuk perbaikan jalan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya