SOLOPOS.COM - Kondisi simpang tiga ruas jalan raya Solo-Jogja wilayah Besole, Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Kamis (20/10/2022). (Istimewa/dokumentaai warga)

Solopos.com, KLATEN — Ruas jalan raya di Klaten bakal menjadi jalur perlintasan bagi tamu very very important person (VVIP) selama pernikahan putra Presiden, Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono berlangsung. Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten memastikan tidak ada larangan truk galian C beroperasi.

“Tidak ada [larangan truk galian beroperasi]. Yang dilakukan hanya pengaturan. Artinya ketika rombongan melintas, kami stop dulu. Kalau tidak, ya melintas seperti biasa,” kata Kepala Dishub Klaten, Supriyono, saat ditemui di Pemkab Klaten, Rabu (7/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Supriyono mengatakan secara prinsip proses pengaturan lalu lintas dilakukan tanpa mengganggu aktivitas warga. Lantaran hal itu, Supri memastikan tak ada penutupan ruas jalan.

Terkait jumlah personel Dishub yang disiagakan, Supriyono mengatakan mencapai 20-30 personel. Mereka bakal disebar di seluruh ruas jalan utama bersama personel dari Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten yang melakukan pengaturan lalu lintas di jalan yang dilintasi tamu VVIP.

Selain pengaturan di lokasi, Supriyono mengatakan ada pemantauan arus lalu lintas dari CC Room. Setidaknya ada enam kawasan traffic light wilayah kota yang dipasangi kamera closed cirkuit television (CCTV). Ada beberapa lokasi yang dilengkapi dengan area traffic light control system (ATCS), yang bisa dikendalikan dari CC Room di Dishub Klaten.

Baca Juga: Polisi Klaten Tangkap Basah 10 Remaja Pelaku Vandalisme di Dinding Proyek Tol

Acara akad nikah dan resepsi Kaesang-Erina diadakan di Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Setelah itu, upacara ngunduh mantu digelar di Solo, Minggu (11/12/2022).

Sebelumnya, Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan ada 599 personel Polres Klaten yang disiapkan untuk pengamanan jalur di sepanjang jalan Jogja-Solo.

“Ditambah personel dari Kodim maupun Dishub. Ada 80 titik di jalur Jogja ke Solo sementara dari Solo ke Jogja ada 38 titik. Panjang jalur Jogja-Solo di Klaten itu sekitar 33,8 km,” kata Kapolres.

Baca Juga: Jadi Lokasi Rawan Kecelakaan, Celah Median Jalan di Kuncen Klaten Ditutup

Kapolres menjelaskan tidak ada penutupan arus lalu lintas. Pengamanan yang dilakukan mulai Kamis (8/12/2022) dimaksudkan guna membantu kelancaran arus lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya