SOLOPOS.COM - Ratusan warga Sorowajan Baru, Banguntapan, Bantul berkumpul di halaman Gelanggang Sorowajan, BPKB Disdikpora DIY untuk memulai pelaksanaan jalan kaki bersama, Minggu (23/8/2015) pagi. (Harian Jogja/Sunartono)

Jalan sehat mempererat persaudaraan warga Sorowajan

Harianjogja.com, BANTUL – Sedikitnya 400 warga Sorowajan Baru, Pedukuhan Sorowajan, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul berjalan kaki mengelilingi kampung, Minggu (23/8/2015) pagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kegiatan jalan sehat yang keempat kalinya digelar itu sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-70 dengan start dan finish di Gelanggang Sorowajan Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Disdikpora DIY.

Ketua Panitia Kegiatan Jalan Sehat Sorowajan Baru Agus Broto Ratmono menjelaskan, kegiatan itu terselenggara atas swadaya masyarakat dari tujuh Rukun Tetangga (RT) di wilayahnya. Tiap pengurus RT secara bergantian menjadi penanggungjawab kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya.

“Kebetulan panitia tahun ini dari RT 18, secara bergantian. Tapi prinsipnya semua warga terlibat karena ini kegiatan sosial bersama,” ungkapnya di sela-sela kegiatan, Minggu (23/8/2015).

Adapun rute jalan kaki sengaja diambil dengan melewati tiap gang dari tujuh RT di wilayah tersebut. Ia menambahkan, para peserta jalan sehat tidak dipungut biaya meski diberikan puluhan hadiah undian seperti sejumlah sepeda, lemari es dan lainnya yang berasal dari donatur warga setempat.

Bahkan setelah mengikuti kegiatan, warga bisa menikmati berbagai jenis makanan yang tersaji ditiap stand RT. Terpenting, lanjut dia, kegiatan bukan semata-semata mengedepankan hadiah undian atau nilai materi. Mereka lebih mengutamakan maknanya, yakni mempererat persaudaraan dan rasa sportivitas.

“Intinya dari warga untuk warga. Agar dapat menumbuhkan persatuan, lebih mempererat tali silaturahmi antar warga,” ujarnya.

Dalam kesempatan kemarin, selain diikuti warga, kegiatan itu juga dihadiri Muspika Banguntapan. Sementara Kepala Pedukuhan Sorowajan Sularto menyatakan, kegiatan di kampung Sorowajan Baru setiap tahun menunjukkan peningkatan baik dari sisi kuantitas dan kualitas kegiatan.

Hal itu diharapkan dapat meningkatkan semangat mempererat tali persaudaraan sekaligus menekan potensi konflik, mengingat wilayah Sorowajan dihuni masyarakat dengan latar belakang sangat beragam.

“Dengan sekedar jalan sehat ini tentu bisa memperat tali persaudaraan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya