SOLOPOS.COM - Salah satu ruas jalan di Karanganyar (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melebarkan jalan di tiga jalur antarkecamatan selama 2014. Proyek pelebaran jalan ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar, Priharyanto, saat ditemui wartawan di Kebakkramat, Kamis (23/10/2014), menyebutkan jalan yang diperlebar itu meliputi jalur Tasikmadu-Kebakkramat, jalur Tasikmadu-Waru, dan jalur Beji (Karanganyar)-Pojok (Tasikmadu). Total dana yang dibutuhkan dalam proyek pelebaran tersebur kurang lebih Rp15,5 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Priharyanto mengatakan pengerjaan proyek pelebaran jalan tersebut sudah berlangsung dalam waktu beberapa bulan terakhir. Diharapkan, pengerjaan proyek itu segera rampung sebelum Desember 2014.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pelebaran jalan ini istilahnya peningkatan kelas. Saat ini masih berlangsung. Pertimbangan melebarkan jalan tiga jalur itu karena termasuk jalur industri dan padat penduduk, sehingga memudahkan akses kendaraan bermotor. Dengan demikian, perekonomian warga diharapkan meningkat,” kata dia.

Selain mengerjakan pelebaran di tiga jalur pada 2014, lanjut Priharyanto, pihaknya juga merancang proyek serupa di Karanganyar bagian selatan (Jatiyoso-Jatipuro) dan timur (Karangpandan-Jenawi).

Sedianya, gagasan melebarkan jalan di Karanganyar bagian selatan dan timur dilakukan bersamaan dengan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015.

“Ini sesuai misi pak bupati yang menginginkan jalan di Karanganyar bagus semuanya. Pelebaran ini dilakukan secara bertahap. Kalau pelebaran jalan di Colomadu dan Gondangrejo saat ini sudah selesai.

Hal itu seperti Ngangkruk-Jeruk Sawit di Gondangrejo. Sedangkan di Colomadu, di antaranya jalur Colomadu-Banyuanyar,” kata dia.

Pada berbagai kesempatan, Bupati Karanganyar, Juliyatmono memprioritaskan perbaikan sarana dan prasarana jalan. Berbekal kualitas jalan yang bagus, tentunya dapat mendukung perekonomian
warga.

“Pembangunan infrastruktur secara menyeluruh, termasuk jalan merupakan program unggulan yang harus diprioritaskan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya