SOLOPOS.COM - Peserta Rapat Paripurna DPRD Wonogiri mendengarkan sambutan Bupati yang disampaikan Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno (berdiri di mimbar) pada Rapat Paripurna DPRD Wonogiri, Senin (27/6/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

Solopos.com, WONOGIRI — Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wonogiri, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memperbaiki jalan raya Purwantoro-Bulukerto. Permintaan itu didasari rangkuman saran pendapat, masukan, dan kritikan masyarakat, saat fraksi PKS menggelar masa reses tahap II 2022, Selasa-Jumat (21-24/6/2022).

Laporan Hasil Reses Tahap II yang disampaikan Juru Bicara Fraksi PKS, Sri Haryanto, mengatakan permintaan perbaikan itu mulanya adalah keluhan dari masyarakat Kecamatan Purwantoro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masyarakat Purwantoro mengeluhkan adanya jalan raya Purwantoro-Bulukerto yang saat ini rusak parah. Banyak lubang yang akhirnya sering terjadi kecelakaan,”ucap Sri Haryanto dalam laporan hasil reses yang ia baca di hadapan peserta Rapat Paripurna DPRD Wonogiri, Senin (27/6/2022).

Selama ini, sambung dia, beberapa pihak swasta sudah melakukan perbaikan. Kendati demikian perbaikan itu dianggap belum menyeluruh. Aspirasi masyarakat yang masuk dalam aspek pembangunan itu berguna mengurangi kecelakaan dan memberi rasa nyaman bagi pengguna jalan.

Ekspedisi Mudik 2024

Reses yang menghasilkan aspirasi pembangunan tersebut diketahui dilaksanakan, Selasa-Rabu (21-22/6/2022) lalu. Pelaksanaannya berlangsung di Rumah Makan Fajar Slogohimo yang dilakukan oleh Ketua Fraksi PKS DPRD Wonogiri, Jarmono.

Baca Juga: Ini Deretan Jalan Wonogiri Sesuai Program Alus Dalane Tahun 2022

Selain fraksi PKS, aspirasi pembangunan juga disampaikan Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Wonogiri. Juru Bicara Fraksi Gerindra DPRD Wonogiri, Arum Subekti, meminta Pemkab Wonogiri melakukan peningkatan pembangunan pada sistem drainase dan talut jalan sampai di tingkat desa.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri, Didik Sudarmaji, mengatakan upaya perbaikan Jalan Purwantoro-Bulukerto tengah memasuki proses lelang. Didik memprediksi, pemenang tender proyeknya sudah diketahui pertengahan Juli mendatang .

“Jadi bisa segera kontrak dan dilaksanakan [perbaikan],” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Kantor DPRD Wonogiri, Senin.

Ia tak memungkiri kondisi jalan Purwantoro-Bulukerto saat ini dalam kondisi rusak. Pihak ketiga sudah melakukan perbaikan berupa penambalan dan pengecoran jalan.

Baca Juga: Dapat Rp30 Miliar Dari Bangub dan DAK, 3 Ruas Jalan Wonogiri Akan Diperbaiki

“Kondisi awalnya sudah cukup parah, ambles dan mengelupas. Kami pernah melakukan perbaikan dengan beton cor tapi rusak karena tidak mampu menanggung beban perbaikan,” imbuhnya.

Kini, anggaran perbaikan jalan tersebut ditaksir mencapai Rp8,1 miliar. Sumbernya berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi (Bankeuprov) Jawa Tengah. Nilai itu akan dipakai untuk menyempurnakan kembali kondisi jalan penghubung Kecamatan Purwantoro dan Bulukerto.

Pada aspirasi yang disampaikan fraksi Gerindra DPRD Wonogiri, Didik mengaku tak yakin bisa menggarap perbaikan drainase dan talut jalan di tingkat desa.

“Yang kami tangani di ruas jalan kabupaten drainasenya. Kalau tingkat desa belum ada perintah dari Bupati. Penanganannya saat ini diserahkan di tingkat desa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya