SOLOPOS.COM - Situasi Jl Sungai Indragiri, Sangkrah, Pasar Kliwon, macet akibat penutupan Jl Kapten Mulyadi untuk acara Haul Habib Ali, Selasa (15/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Jalan-jalan kecil di sekitar Jl Kapten Mulyadi, Solo, menjadi titik kemacetan baru saat puncak acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy di Pasar Kliwon, Selasa (15/11/2022). Jl Kapten Mulyadi yang ditutup dari simpang empat Pasar Kliwon sampai Baturono membuat warga mencari akses tercepat daripada harus memutar melewati Jl Veteran.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa (15/11/2022), berbeda dengan Jl Slamet Riyadi dan Jl Yos Sudarso yang ramai lancar meskipun menampung arus kendaraan dari dua arah, Jl Sungai Indragiri, Kelurahan Sangkrah, menjadi titik kemacetan baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banyak kendaraan roda dua dan empat melalui jalan selebar 1,5 meter ini. Membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk melewati Jl Sungai Indragiri menuju Jl Musi. Menurut Komari, salah satu warga yang tinggal di Jl Sungai Indragiri, kemacetan di depan rumahnya sudah berlangsung sejak pukul 10.00 WIB.

“Jalannya sudah macet seperti ini dari tadi pukul 10.00 WIB. Kalau kemarin malam pas Jl Kapten Mulyadi ditutup belum begitu ramai, cuma memang ada motor lewat tapi tidak seramai sekarang,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Selasa (15/11/2022).

Bagi Komari, kemacetan akibat adanya Haul Habib Ali di Jl Kapten Mulyadi, Solo, ini cukup mengganggunya. Ia kesulitan untuk mengeluarkan kendaraan dari garasi rumahnya. Selain itu, faktor keselamatan warga juga menjadi faktor yang dipikirkannya.

Baca Juga: Haul Habib Ali Solo: Ribuan Orang Datang demi Obati Kerinduan pada Orang Saleh

Keselamatan Warga Jadi Kekhawatiran

“Karena macet begini mau mengeluarkan mobil atau motor jadi susah karena jalannya sudah sempit, ditambah ini dilewati mobil dan motor. Kalau begini juga bahaya buat warga, kan di sini pemukimannya cukup padat. Kalau ada anak-anak di jalan takutnya keserempet mobil atau bagaimana kan bahaya,” lanjut pria yang bekerja sebagai pedagang ini.

Keluhan senada dilontarkan Hardian. Warga yang tinggal di Jl Sungai Indragiri ini mengeluhkan macetnya jalan di depan rumahnya. Meskipun ia memaklumi kemacetan terjadi karena adanya acara Haul Habib Ali di Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo.

“Macetnya dari tadi pagi sekitar pukul 09.30 WIB, karena Jl Kapten Mulyadi ditutup akhirnya banyak yang memilih lewat jalan ini daripada memutar jauh mereka memilih lewat sini. Kalau semacet ini warga yang tinggal juga jadi terganggu, mau beraktivitas keluar juga jadinya susah,” ujarnya.

Baca Juga: Haul Habib Ali Solo: Jalur Pengalihan Ramai Lancar, Macet Justru di Gang Kecil

Keluhan serupa disampaikan Aswin. Ia berharap warga Kota Solo bisa lebih tertib dan mematuhi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) yang disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo.

“Macetnya depan rumah lebih parah dibanding di Jl Slamet Riyadi. Mbok ya pada tertib, kan sudah ada arahan dari Dishub Solo aksesnya ke mana dan lewat mana. Orang acara Haul ini kan setahun sekali, kalau seperti ini macetnya kan kasihan warga yang tinggal, sudah jalannya sempit masih macet,” terang pria wiraswastawan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya