SOLOPOS.COM - Warga berwisata menggunakan kendaraan listrik bantuan dari Tahir Foundation di Kompleks Keraton Solo, Minggu (2/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kendaraan listrik untuk wisata Kota Solo bantuan dari Tahir Foundation hingga kini masih gratis baik untuk sewa maupun penumpang umum. Kendaraan wisata yang diluncurkan bersamaan dengan momen pergantian tahun 2021 ke 2022 itu beroperasi hanya pada akhir pekan.

Kepala UPTD Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Agus Purnomo, menegaskan hingga saat ini baik sewa maupun wisatawan umum kendaraan listrik itu tidak dipungut biaya. Kendaraan wisata beroperasi di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ada tiga rute yang dilalui yakni pertama dari Benteng Vastenburg melalui Karaton Kasunanan Surakarta – Baluwarti – Kampung Batik Kauman – Mangkunegaran – Pasar Gede-kembali ke Benteng Vastenburg.

Baca Juga: Laris Manis, Tiket Kendaraan Listrik Wisata Solo Ludes di Awal Pekan

Rute kedua kendaraan listrik wisata Solo itu berangkat dari Pasar Oleh Oleh Jongke melalui Museum Samanhudi-Kampung Batik Laweyan/Batik Cempaka, dan kembali ke Pasar Oleh Oleh Jongke. Rute ketiga berangkat dari kantor Dishub Kota Solo di Manahan, melalui Pura Mangkunegaran-Monumen Pers-Taman Balekambang-Pasar Depok-kembali ke Dishub Kota Solo.

“Ini pun dibuka hanya dua hari, masalahnya animo masyarakat terutama ibu-ibu cukup bagus. Apalagi untuk rute I menjadi favorit,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Panen Kritik, Kendaraan Listrik Wisata Solo Akhirnya Dibikinkan Markah

Cara Booking

Agus Purnomo mengatakan penyewa atau penumpang bisa menghubungi nomor Whatsapp 0813 9249 3153 untuk booking. “Pemesan langsung chat ke nomor Whatsapp yang tertera, sebenarnya ada aplikasinya tetapi sedang kami proses,” ucapnya.

Agus Purnomo mengatakan mulai awal Januari 2022 Dishub Solo gencar mempromosikan kendaraan listrik wisata itu sekaligus penguatan branding.

Baca Juga: Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Buka 104 Unit SPKLU di 38 Kota

“Kemarin tanggap 1-2 Februari disewa oleh Brigade Infanteri untuk kunjungan Panglima Kostrad. Lalu 25 Februari disewa untuk kunjungan Kapolri untuk peresmian Smart City. Pada 8 Maret disewa Kopassus Kandang Menjangan sebanyak tiga unit,” jelas Agus.

Khusus untuk peminjaan atau sewa, menurut Agus Purnomo, peminjam/penyewa harus mengajukan surat izin dulu kepada Wali Kota Solo. Sebagai informasi, Pemkot Solo mendapatkan hibah delapan unit kendaraan listrik untuk wisata dari Tahir Foundation. Kendaraan seharga Rp1,4 miliar per unit itu dikirim ke Solo pada Oktober lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya