SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampu PJU. (Solopos-dok)

Solopos.com, WONOGIRI–Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri menyatakan jalan raya Giriwoyo-Giritontro yang berlokasi di Dusun Sanan, Desa Sendang Agung, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, merupakan jalan nasional.

Kewenangan penanganan rambu-rambu dan penerangan jalan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, menyatakan tak bisa mengintervensi langsung untuk menangani kondisi penerangan jalan umum (PJU) yang minim di Jalan Raya Giriwoyo-Giritontro.

Sebaliknya, yang dapat dilakukan yakni mengkaji sejauh apa buruknya kondisi PJU di jalan nasional itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Oleng, Truk Bermuatan Kopi Instan 5,5 ton Tabrak Kios di Wonogiri

“Karena sepengetahuan kami JLS [Jalan lingkar selatan] itu sudah baik. Kalau lampunya memang minim, akan kami kaji dulu. Setelah itu, intervensi yang kami lakukan dengan mengajukan surat dan mengusulkan ke Kemenhub atas kondisi tersebut,” ujar dia kepada Solopos.com, Rabu (10/8/2022).

Selain kajian pada PJU yang minim, Waluyo menjelaskan kajian yang dilakukan juga berupa mendata seberapa sering jalan itu menimbulkan kecelakaan.

Dia tak bisa sepihak dan langsung melapor serta mengusulkan ke Kemenhub untuk memperbaiki kondisi PJU dan rambu-rambu yang diklaim kurang di jalan raya Giriwoyo-Giritontro.

“Kecelakaan itu kan bisa saja karena jalannya sudah terang, halus, tapi masyarakat [pengguna jalan] kurang berhati-hati,” ucapnya.

Baca Juga: Melaju Tak Terkendali, Pikap Tabrak Tiang PJU di Sragen, 2 Luka-luka

Sebelumnya, Jalan Raya Giriwoyo-Giritontro belum lama ini menjadi lokasi kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor dan mobil.

Peristiwa itu terjadi pada Senin (23/7/2022) pukul 20.30 WIB. Imbasnya, pengendara sepeda motor bernama Apri Duwi Saputro, 20, warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, meninggal seusai terlibat kecelakaan.

Namun, salah satu faktor yang mengakibatkan kecelakaan itu diyakini karena situasi jalan yang berstatus nasional itu dalam keadaan PJU yang minim.

Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Maryono, mengakui, PJU dan rambu-rambu jalan di sejumlah jalan di Wonogiri yang kurang.

“Kami mengimbau kepada warga, khususnya warga Wonogiri agar berhati-hati ketika berkendara di jalanan Wonogiri. Sebab kondisi jalan di Wonogiri, mohon maaf, banyak yang bergelombang dan minim lampu penerangan jalan pada malam hari. Selain itu, rambu-rambu lalu lintas juga belum terpasang maksimal,” kata Maryono saat ditemui wartawan, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya