SOLOPOS.COM - Nasi-Gudeg-Yu-Djum-Jogja-.jpg (Instagram/@chitraria)

Solopos.com, SLEMAN — Nasi Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari serat buah nangka, diungkep dengan beragam bumbu manis dan gurih serta pedas. Nasi gudeg juga dihidangkan dengan kondimen lainnya, seperti telur, ayam, tahu dan tempe yang dimbu sama dengan gudeg.

Bumbu gudeng yang didominasi dengan gula jawa membuat makanan ini memiliki dominan rasa yang sangat manis khas hidangan Yogyakarta sehingga masyarakat di luar Yogyakarta yang belum mengenal makanan utama yang berasa manis, akan berpikir bahwa makanan gudeng ini adalah makanan yang berkonsep aneh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Makanan western (Eropa dan Amerika Utara), khususnya entry atau makanan utama dikenal memiliki cita rasa yang standar, karena kebanyakan makanan western menggunakan bumbu-bumbu dasar, seperti garam, merica dan bawang putih sehingga makanan western, khususnya hidangan utama hampir dikatakan tidak ada yang memiliki rasa manis. Rasa manis makanan western biasanya didominasi oleh makanan penutup atau dessert.

Keluarga-Martin-Johnson.jpg
Keluarga-Martin-Johnson.jpg (Instagram/@martinjohnsonhd)

Baca Juga : Toko Perabotan Ini Jadi Surganya Anak Kost di Kota Gudeg

Namun di Yogyakarta, ada keluarga turis asal negara bagian Idaho, Amerika Serikat yang menyempatkan diri untuk menjajal nasi gudeng di Gudeg Yu Djum, warung nasi gudeng yang terkenal di Yogyakarta dan memiliki beberapa cabang di kota lain, salah satunya di Kota Solo.

Melalui pantauan Solopos.com di kanal Youtube Martin Johnson – Off Grid Living, Rabu (25/8/2021), pasangan bernama Martin Johnson dan Julia Johnson ini mendatangi warung Gudeng Yu Djum yang berlokasi di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, bersama kedua anaknya.

Martin memesan nasi gudeg telur, Julia memesan nasi gudeng tempe dan kedua anaknya memesan nasi gudeng ayam. Saat Martin mencoba kali pertama, dirinya langsung terkejut dengan rasa manis yang ada pada sajian nasi gudegnya itu.

Julia-iri-dan-Martin-kanan-saat-menjajal-Nasi-Gudeg-di-Gudeg-Yu-Djum-.jpg
Julia-(kiri)-dan-Martin-(kanan)-saat-menjajal-Nasi-Gudeg-di-Gudeg-Yu-Djum-.jpg (Sumber: Youtube)

Baca Juga : BAP Lengkap, Kejari Bantul Segera Limpahkan Kasus Satai Beracun ke Pengadilan

Dalam  videonya, dia mengira bahwa nasi gudeng ini seperti hidangan penutup karena rasa manisnya yang kuat. “Hmm… it’s sweet, I think it’s some kinda dessert really, it’s super sweet… I wouldn’t expect to be sweet at all” (manis sekali ya, seperti dessert.. tidak menyangka bisa semanis ini), ungkap Martin

Kemudian saat istrinya, Julia, ikut mencoba, dia bisa menganalisa kalau nasi gudeg ini juga dibuat dengan santan kelapa dan juga ada rempah-rempah pedasnya. Dia juga sependapat dengan Martin dengan rasa manisnya.

Kemudian anaknya yang perempuan juga ikut menocba dan menurutnya rasa ayamnya sangat enak dan lembut. Dia juga sependapat dengan kedua orang tuanya kalau nasi gudeg ini sangat manis. Secara keseluruhan, mereka sangat suka dengan nasi gudeng namun tidak bisa dipungkiri, konsep makanan utama dengan rasa manis masih agak aneh bagi keluarga Amerika ini.

Baca Juga : Kawanan Kera di Lereng Merapi di Turun Gunung, TNGM Jelaskan Penyebabnya

Video ini diambil saat mereka mengunjungi Jogja pada tahun 2016 silam dan mereka sempat tinggal cukup lama di Yogyakarta dan bisa berbahasa Indonesia cukup lancar. Kelancaran Bahasa Indonesia mereka terdengar saat memesan nasi gudeg.

Martin dan Julia Johnson sendiri adalah keluarga pecinta alam yang dikenal dengan istilah off grid living, yaitu hidup tanpa menggunakan sumber energi listrik, gas dan air dan menggantungkan hidupanya sehari-hari langung dari alam sekitar.

Melalui pantauan Solopos.com di akun Instagramnya @martinjohnsonhd, Martin dan Julia yang sekarang sudah kembali ke Idaho, tinggal di sebuah rumah yang jauh dari perkotaan. Mereka menggunakan energi matahari, kayu bakar, dan sumber alam lainnya untuk kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya