SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku menjagokan tim tuan rumah, Qatar, pada ajang Piala Dunia 2022 yang baru saja dimulai. Alasannya, Gibran menyukai maskot Piala Dunia di negara tersebut.

Meski demikian ia mengaku belum sempat menonton pertandingan Piala Dunia karena sangat sibuk dengan banyaknya acara. “Sampai sekarang saya belum nonton, saking akehe acara,” kata dia kepada wartawan ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (23/11/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat ditanya wartawan menjagokan tim mana pada Piala Dunia 2022, Gibran awalnya mengaku belum menentukan. Ia mengatakan akan menentukan dukungannya setelah memasuki babak 16 besar atau semi final.

Namun, Gibran memprediksi tuan rumah Qatar bisa menjadi juara Piala Dunia 2022. “Karena saya suka maskotnya,” jelasnya disambut tawa wartawan.

Ekspedisi Mudik 2024

FIFA World Cup 2022 atau Piala Dunia 2022 hadir dengan maskot yang ikonik. Maskot itu dinamai La’eeb dan berbentuk seperti penutup kepala orang-orang Timur Tengah

Baca Juga: Prediksi Skor Maroko Vs Kroasia di Piala Dunia 2022: Modric dkk Bakal Kesulitan

Mengutip laman https://www.fifa.com, La’eeb dalam bahasa Arab berarti pemain dengan kemampuan super. La’eeb, menurut FIFA, adalah benda yang tidak bisa dijelaskan sehingga para fans sepak bola bisa menginterpretasikan sendiri sesuai kemauan mereka.

La’eeb digambarkan mengenalkan semangat bermain, menyebarkan kegembiraan, dan kepercayaan diri. Karakter ini diharapkan bisa membakar semangat pemain dan sukacita fans sepak bola pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sedangkan bola resmi Piala Dunia 2022 diberi nama Al Rihla. Al Rihla merupakan bola ke-14 berturut-turut yang dibuat Adidas untuk turnamen terbesar di dunia itu. Rihla merupakan kata dari bahasa Arab yang berarti perjalanan.

Baca Juga: Live Streaming Piala Dunia 2022 Hari Ini: Maroko Vs Kroasia, Duel Menghibur!

Makna kata tersebut mempresentasikan perjalanan Piala Dunia bersama Al Rihla di seluruh dunia. Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Direktur Pemasaran FIFA, Jean-François Pathy, mengatakan bola Al Rihla merupakan bola pertandingan resmi yang menakjubkan, ramah lingkungan, dan berkualitas tinggi dari Adidas.

Sementara itu, dalam Piala Dunia tahun ini, tim tuan rumah Qatar berada di satu grup dengan Belanda, Ekuador, dan Senegal. Qatar kalah 0-2 pada laga perdana melawan Ekuador.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya