SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan perumahan (JIBI/Dok)

Kompleks perumahan di Sawit, Boyolali, tak memakai septic tank melainkan IPAL komunal.

Solopos.com, BOYOLALI — Demi menjaga sumber mata air banyak terdapat di Desa Kemasan dan Gombang, Kecamatan Sawit, Boyolali, kompleks perumahan di Desa Kemasan, Sawit, tak menggunakan septic tank untuk menampung limbah toilet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebaliknya, kompleks perumahan tersebut menggunakan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal. Salah satu kompleks perumahan yang memakai sistem IPAL komunal itu adalah Perumahan Griya Sawit Madani. Di Kompleks perumahan itu, setiap rumah dilengkapi saluran pipa yang terhubung IPAL komunal.

IPAL komunal itu mengolah limbah dari toilet menjadi cairan yang bersih dan bisa dialirkan langsung ke sungai. “Ini sudah menjadi komitmen kami untuk turut menjaga lingkungan desa yang kaya sumber mata airnya,” ujar bos Griya Sawit Madani, Anom Suratno, saat berbincang dengan Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (30/5/2017).

Anom menjelaskan wilayah Kecamatan Sawit, khususnya Desa Gombang dan Kemasan, sangat kaya sumber air jernih. Bahkan, sebagian sumber air sudah menjadi tempat pemandian umum yang dikelola pemerintah desa.

Hal inilah yang menjadi perhatian serius pemerintah desa dalam mengelola kekayaan alamnya. “Kami sebagai pelaku pengembang perumahan mengapresiasi kearifan lokal desa. Bentuk dukungan kami adalah membuat rumah yang ramah lingkungan, yakni setiap limbah toilet langsung terhubung dengan IPAL. Jadi, tak mencemarkan sumber mata airnya,” paparnya seraya menyebutkan ada 27 unit perumahan di Desa Kemasan.

Pengembang perumahan lainnya, Jatmiko, mengatakan kekayaan alam Kecamatan Sawit berupa sumber mata air sudah selayaknya dikembangkan menjadi objek pariwisata yang mampu meningkatkan kesejahteraan warganya. Menurutnya, objek wisata di Sawit selama ini masih kalah dengan objek wisata di Klaten dalam hal sumber mata airnya.

“Nama Sawit harus diakui masih kalah tenar dengan Ponggok di Klaten atau Cokro. Padahal, jaraknya tak jauh dan sama-sama sumber mata air,” terangnya.

Seperti diketahui, wilayah Desa Kemasan dan Gombang Kecamatan Sawit memiliki sumber mata air jernih dan melimpah. Salah satunya adalah Umbul Tirto Mulyo yang menjadi kolam pemandian alami.

Desa ini juga menjadi tujuan desa wisata meski tak seramai objek wisata mata air di Pengging, Banyudono, Tlatar, atau Cokro Tulung dan Ponggok, Polanharjo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya