[x] close
Jaga Kebersihan Rumah Saat Isolasi Mandiri, Begini Caranya
Solopos.com|lifestyle

Jaga Kebersihan Rumah Saat Isolasi Mandiri, Begini Caranya

Penting sekali tetap menjaga kebersihan rumah saat isolasi mandiri.

Solopos.com, JAKARTA--Saat menjalani isolasi mandiri penting sekali tetap menjaga kebersihan rumah. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang positif terinfeksi Covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala atau gejala yang dialami sangat ringan.

Menjaga kebersihan rumah saat isolasi mandiri penting dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona kepada anggota keluarga lainnya. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Selain menjaga kebersihan rumah saat isolasi mandiri, dalam kondisi ini sangat penting untuk menyediakan satu ruangan khusus bagi penderita yang terpisah dengan anggota keluarga lainnya.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Sering Pakai Sabun Antiseptik untuk Mandi

Pasalnya, beberapa studi menunjukkan, virus SARS-CoV-2 dapat bertahan di beberapa jenis permukaan dalam waktu relatif panjang, mulai dari beberapa jam bahkan hingga beberapa hari.

Apabila permukaan benda yang terhinggapi virus tersebut disentuh oleh tangan kemudian menyentuh area hidung dan wajah, penularan bisa saja terjadi.

Karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan permukaan benda-benda di dalam ruangan. Selain itu, memelihara kebersihan rumah juga penting untuk mencegah kuman patogen lain (seperti bakteri dan jamur) berkembang biak dan menimbulkan penyakit.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan mencegah penularan saat ada anggota keluarga yang sedang isolasi mandiri sebagaimana melansir Klikdokter, Rabu (28/4/2021) :

- Jaga Kebersihan Ruang Isolasi

Langkah pertama menjaga kebersihan rumah saat isolasi mandiri adalah tempat isolasi mandiri selalu dalam kondisi bersih. Bila memungkinkan, pasien yang sedang isolasi mandiri dapat membersihkan kamar atau ruangannya sekali sehari.

Baca Juga: Tak Melulu Berhubungan Seks, Berikut Ini Cara Menjaga Keintiman Suami Istri

- Bersihkan Berbagai Permukaan di Rumah

Bersihkan permukaan benda-benda di rumah terutama yang sering disentuh tangan, seperti gagang pintu, saklar lampu, permukaan meja atau kursi, lemari, dan tembok. Saat membersihkan, gunakan cairan disinfektan yang disemprotkan ke lap. Kemudian, usapkan ke seluruh bagian permukaan.

Bahan aktif di dalam disinfektan akan merusak sel tubuh kuman dan membunuhnya. Umumnya, jenis disinfektan yang digunakan mengandung klorin, alkohol, dan hidrogen peroksida.

Jangan lupa untuk menggunakan masker, pelindung mata, dan sarung tangan saat membersihkan permukaan benda dengan disinfektan.

- Cuci Pakaian Kotor Pasien dengan Cermat

Gunakan sarung tangan dan masker saat menyentuh pakaian kotor pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah. Lalu, segera rendam di dalam cairan pembersih disinfektan khusus pakaian.

Pisahkan wadah mencuci pakaian pasien dengan pakaian anggota keluarga lainnya.

- Hindari Memakai Peralatan Makan yang Sama

Selain memisahkan ruangan dan pakaian, pastikan peralatan makan yang digunakan pasien isolasi mandiri berbeda dengan anggota keluarga lainnya di rumah.

Baca Juga: Anak-Anak Diduga Jadi Penyebar Varian Baru Corona, Benarkah?

Setelah digunakan, setiap peralatan makan perlu dicuci langsung dengan sabun dan air mengalir untuk menekan kemungkinan penyebaran virus.

- Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Jangan lupa cuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir. Untuk mengoptimalkan kebersihan tangan, lakukan cuci tangan 6 langkah yang direkomendasikan WHO.

- Gunakan Masker dan Jaga Jarak

Selama di rumah, usahakan semua orang di dalamnya menggunakan masker dan menjaga jarak setidaknya 2 meter. Meski sederhana, protokol ini penting untuk mencegah penularan.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago