SOLOPOS.COM - Ilustrasi industri kreatif (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak sembilan dari 25 kecamatan di Wonogiri boleh didirikan industri besar. Selain sembilan kecamatan tersebut hanya boleh didirikan industri kecil hingga menengah.

Pemkab Wonogiri menyiapkan lahan seluas 4.833 hektare (ha) untuk dijadikan sebagai kawasan industri. Pengembangan kawasan industri ditujukan menurunkan pengangguran dan kemiskinan, termasuk juga menekan laju kaum boro di Kabupaten Sukses di masa mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Khusus industri besar hanya boleh didirikan di sembilan kecamatan, yaitu Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Wuryantoro, Eromoko, Pracimantoro, Giritontro, Giriwoyo, Ngadirojo, dan Sidoharjo.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara, wilayah lainnya hanya boleh didirikan industri kecil hingga menengah. Hal itu disampaikan dalam jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Wonogiri terhadap pengajuan raperda rencana pembangunan industri Kabupaten Wonogiri.

Pembangunan industri juga akan mengarah pada industri kreatif. Pemerintah mendorong pengembangan kreativitas memberdayakan budaya atau kearifan lokal yang tumbuh dengan program pengembangan sentra industri kreatif.

Baca Juga: Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

“Pemerintah Wonogiri serius dalam mengembangkan industri karena dengan banyaknya industri yang hadir akan membutuhkan tenaga kerja. Hal ini secara langsung akan mengurangi kemiskinan. Salah satu upaya dalam menarik investor adalah dengan kemudahan memperoleh perizinan berusaha,” jelas Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, melalui Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, di Graha Paripurna DPRD Wonogiri, Jumat (19/8/2022).

Tidak hanya mengurangi pengangguran, Setyo juga optimistis pembangunan industri akan menurunkan tingkat urbanisasi warga Wonogiri yang diketahui mencapai 35 persen dari total penduduk Wonogiri sebanyak 1,1 juta jiwa.

“Kalau hari ini 35 persen penduduk Wonogiri menjadi kaum boro, dengan adanya industri ini tentu bisa menahan laju urbanisasi masyarakat Wonogiri. Ini akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Tentu ini akan meningkatkan ketahanan ekonomi di Wonogiri,” ungkapnya.

Baca Juga: Tekan Urbanisasi! DPRD Wonogiri Dukung Raperda Pembangunan Industri

Sebelumnya, Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa yang diwakili oleh Sunarno, mengingatkan pemerintah agar tidak hanya fokus pada pembangunan industri, tetapi juga memperhatikan dampak lingkungan dari pembangunan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya