Solopos.com, SOLO — Musim penghujan telah tiba. Suhu menjadi lebih dingin sehingga bisa menurunkan daya tahan tubuh dan memunculkan potensi penyakit. Dilansir Liputan6.com, potensi penyakit seperti flu, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Leptospirosis wajib diwaspadai selama musim penghujan.

PromosiMudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti meningkat saat musim hujan sehingga penularan DBD semakin tinggi. Selain DBD, penyakit yang disebarkan melalui air kencing tikus, yaitu Leptospirosis, menjadi penyakit lain saat penghujan. Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir, banyak genangan air perlu mewaspadai penyakit itu. Leptospirosis dapat menginfeksi manusia lewat kulit, khususnya jika ada luka.

 

Pedagang kaki lima (PKL) dan pengendara motor memakai jas hujan untuk melindungi diri dari air hujan saat melintasi jalur lambat Jl. Slamet Riyadi, Solo, Kamis (11/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

 

Maka dari itu perlu berhati-hati dalam menjaga imunitas tubuh, terlebih masih pandemi Covid-19. Untuk mengantisipasi berbagai penyakit saat penghujan, antara lain membawa payung atau jas hujan saat beraktivitas di luar rumah, mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan lingkungan, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

 

Pesepeda memakai jas hujan untuk melindungi diri dari air hujan saat menyeberangi Jl. Museum, Sriwedari, Solo, Kamis (11/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

 

Petugas keamanan mal mengenakan jas hujan saat bertugas di city walk, Jl. Slamet Riyadi, Solo, Kamis (11/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi