SOLOPOS.COM - ilustrasi alpukat (JIBI./dok)

Solopos.com, JAKARTA- Jaga fungsi otak hingga usia senja harus dilakukan sejak dini. Ada banyak cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk jaga fungsi otak bukan hanya rajin berlatih dan berolahraga, ternyata makanan juga bisa untuk jaga fungsi otak. Makanan apa sajakah yang bisa dikonsumsi untuk jaga fungsi otak? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Asal tahun saja nih, makanan yang kita makan dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak kita. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan fungsi otak dapat mendukung kinerja otak hingga jangka panjang. Otak adalah organ yang cukup intensif bekerja dalam tubuh manusia, menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari.

Baca Juga: Kegiatan Ini Berisiko Tinggi Terpapar Covid-19, Termasuk Naik Pesawat

Melansir dari Medical News Today dan Bisnis.com, Jumat (19/3/2021), berikut lima makanan yang mudah dijumpai sehari-hari dan terbukti bisa jaga fungsi otak:

1. Alpukat

Alpukat bisa dipergunakan untuk jaga fungsi otak. Sebagai sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan, alpukat dapat meningkatkan fungsi otak. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah tinggi juga secara otomatis dapat menurunkan resiko penurunan kognitif.

2. Telur

Disukai oleh banyak orang untuk sarapan pada pagi hari, telur bisa menjadi makanan yang jaga fungsi otak secara efektif. Telur merupakan sumber vitamin B yang terdiri dari vitamin B-6 dan B-12, dan asam folat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif.

3. Kacang

Ilustrasi kacang tanah (Boldsky)
Ilustrasi kacang tanah (Boldsky)

Kacang adalah salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang sangat baik. Kacang mengandung lemak tak jenuh dan protein untuk menjaga tingkat energi seseorang sepanjang hari. Vitamin dan mineral utama yang dimiliki kacang juga bisa jaga fungsi otak, termasuk vitamin E dan resveratrol tingkat tinggi. Antioksidan resveratrol alami ditemukan dalam kacang tanah dan memiliki efek perlindungan, seperti membantu mencegah kanker, peradangan, dan penyakit neurologis termasuk Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: Menu Alternatif Makan Siang yang Bikin Anda Lebih Produktif

4. Kopi

Kopi dikenal sebagai alat bantu konsentrasi agar peminumnya tetap terjaga dan mendorong kemampuan fokus. Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan kapasitas otak untuk memproses informasi. Selain itu, kopi juga merupakan sumber antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia.

4. Brokoli

Selain menjadi sumber serat makanan rendah kalori, brokoli juga baik untuk bikin otak sehat. Brokoli kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat. Ketika tubuh memecahnya, mereka menghasilkan isothiocyanate. Isothiocyanate dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan resiko penyakit neurodegeneratif. Brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid, dan antioksidan ini selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang. Sehingga otak juga bisa untuk jaga fungsi otak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya