SOLOPOS.COM - Ilustrasi berbuka puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu puasa sunah yang dilaksanakan selama tiga hari setiap bulan Hijriah. Lalu, kapan jadwal puasa ayyamul bidh pada Februari 2023?

Ibadah sunah satu ini dilaksanakan selama tiga hari saat bulan purnama, yakni 13, 14, dan 15 Hijriah.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Berdasarkan hadis yang diriwiyatkan Ibnu Abbas, puasa ayyamul bidh hukumnya sunah muakad, sebuah amalan yang sangat dianjurkan. “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: Rasulullah SAW sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam berpergia.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Ekspedisi Mudik 2024

Lalu, kapan jadwal puasa ayyamul bidh Februari 2023 dan bagaimana bunyi bacaan niatnya?

Berdasarkan kalender Hijriah yang ada di situs resmi Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama, tanggal 13, 14, 15 Rajab jatuh pada:

  • 13 Rajab : Sabtu, 5 Februari 2023.
  • 14 Rajab : Minggu, 6 Februari 2023.
  • 15 Rajab : Senin, 7 Februari 2023.

Setelah mengetahui jadwal puasa ayyamul bidh Februari 2023, berikut ini bacaan niat puasa sunah tersebut, sebagaimana dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online.

Nawaytu shauma ayyamil bidl lillahi ta’alaa.

Artinya: Saya niat puasa ayyamul bidhl (hari-hari yang malamnya cerah) karena Allah ta’ala.

Sama seperti puasa pada umumnya, puasa ayyamul bidh didahului dengan sahur pada waktu menjelang subuh atau imsak. Saat magrib telah tiba, umat muslim yang menjalankan ibadah puasa ini disegerakan untuk berbuka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya