SOLOPOS.COM - Bendera corner kick Piala Presiden 2022. (Pialapresiden.id)

Solopos.com, SOLO—Hari ini turnamen pramusim Piala Presiden 2022 menyelesaikan penyisihan Grup A yang digelar di Stadion Manahan Solo.

Tuan rumah Persis Solo akan melakoni laga pamungkas melawan Persita Tangerang, Selasa (27/6/2022)  pukul 20.30 WIB. Sementara partai pertama mempertemukan PSS Sleman versus Dewa United FC pada pukul 16.30 WIB.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Keempat tim itu masih memiliki peluang mendampingi PSIS Semarang lolos ke perempat final. Namun kuncinya berada di PSS Sleman.

Baca Juga: 1.100 Aparat Gabungan Amankan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan

Ekspedisi Mudik 2024

Jika PSS mengalahkan Dewa United, peluang Persis Solo maupun Persita lolos ke delapan besar otomatis tertutup. Namun jika laga PSS melawan Dewa United imbang atau PSS kalah, kans Persis Solo dan Persita lolos masih terbuka.

Saat ini, PSS Sleman paling berpeluang mendampingi PSIS Semarang lolos dari fase grup. Skuat besutan Seto Nurdiyantoro ini telah mengemas 4 poin, hasil sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah. PSS juga bertengger di urutan kedua klasemen Grup A Piala Presiden 2022.

Jumlah poin di klasemen akhir berpotensi sama ketika PSS meraih hasil seri dengan Dewa United, sementara Persis menang dari Persita, jumlah poinnya sama 5. Jumlah poin sama juga bisa terjadi ketika Dewa United mengalahkan PSS, sementara Persis Solo menaklukkan Persita. Poin Dewa United dan Persis Solo sama-sama 5 poin.

Baca Juga: Ini Syarat Persis Solo Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

Persis Solo dan Dewa United baru mengantongi 2 poin hasil dua kali hasil seri dan sekali kalah. Sementara Persita berada di urutan ketiga dengan 3 poin hasil sekali menang dan dua kali kalah.

Dewa United berpeluang lolos ke perempat final jika pada laga terakhir menang dari PSS, sementara Persis Solo bermain seri dengan Persita Tangerang.

Persita yang pada dua laga pertama ditaklukkan PSIS dan PSS juga masih berpeluang lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Dengan catatan, Persita menang dari Persis Solo, sementara PSS kalah atau meraih hasil seri dengan Dewa United.

Baca Juga: Hadapi Persis Solo di Laga Pamungkas Grup A, Persita Siap Main Terbuka

Mengacu pada regulasi Piala Presiden 2022, penentuan tim yang lolos mendamping PSIS Semarang ke perempat final akan ditentukan berdasarkan head to head. Penentuannya adalah:

  1. Poin hasil pertandingan di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.
  2. Selisih gol yang lebih baik dari hasil pertandingan yang melibatkan klub-klub yang memiliki poin sama.
  3. Jumlah gol memasukkan dari pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.

Jika prosedur head-to-head ini tidak dapat menetapkan peringkat bagi tim yang memiliki poin sama, maka berlaku tiebreaker. Jika masih sama maka dihitung selisih gol klub-klub terkait dalam seluruh pertandingan di grup tersebut. Andai masih, sama maka mengacu pada jumlah gol memasukkan. Tim yang mencetak gol lebih banyak berhak berada di posisi teratas.

Baca Juga: Persis Solo vs Persita Tangerang, Misi Ganda Laskar Sambernyawa

Jika semua aturan di atas belum juga bisa membedakan peringkat, maka mengacu pada perolehan kartu kuning dan merah (fair play). Tim paling sedikit kartu kuning dan merah menempati posisi lebih baik.

 

Berikut Jadwal Piala Presiden 2022, Senin (27/6/2022)

Pukul 16.00 WIB: PSS Sleman vs Dewa United FC (Grup A, Live Indosiar Stadion Manahan)

Pukul 20.30 WIB: Persis Solo vs Persita Tangerang (Grup A, Live Indosiar Stadion Manahan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya